Kemenkumham Sumsel: Produk Hampers Narapidana di Sumsel Banyak diminati di Bulan Ramadan

Kemenkumham Sumsel: Produk Hampers Narapidana di Sumsel Banyak diminati di Bulan Ramadan

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dalam rangka upaya memberdayakan para warga binaan atau narapidana yang tengah menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyaraatan (Lapas).

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, Minggu 2 April 2023 mengatakan, bahwa berbagai program pun diluncurkan, salah satunya program One Day One Prison Product yang merupakan gagasan pihak Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemnekumham) RI.

Di Sumatera Selatan, program tersebut telah berjalan sejak lama, melalui kegiatan kerja di Lapas/Rutan, sejumlah produk pun kini telah berhasil diciptakan bahkan menjadi primadona sehingga bisa dipasarkan dengan baik.

"Melalui program One Day One Prison Product ini kita berusaha memasarkan serta mengajak orang untuk membeli hasil karya warga binaan sehingga tiap hari ada barang terjual kepada petugas maupun masyarakat,” kata Ilham.

BACA JUGA:Wajib Dicicipi Tiga Varian Rasa Lemang, Kudapan Khas Yang Diincar Saat Ramadhan

Dari program ini, tutur Ilham yang juga mantan Kepala Lapas Merah Mata Palembang yang pertama ini, dapat dihasilkan sejumlah produk hasil karya para warga binaan di antaranya Baju Batik, Mug, Peci Batik, Hasil kerajinan kayu, dan  kain batik, lehar qur'an, kaos sablon, tas rajut, mainan kunci, berbagai macam jenis masakan kue, dan masih banyak lagi.

Menurut Ilham, produk hasil kerajinan para warga binaan yang saat ini paling banyak terjual adalah kue kering hasil produksi Lapas Perempuan Palembang.

“Kue buatan Lapas Perempuan Palembang ini sangat cocok dijadikan bingkisan atau hampers di bulan suci Ramadan maupun untuk lebaran nanti,” tuturnya.

Adapun ragam kue diantaranya Nastar, semprong, putri salju, cookies coklat lumer, selai nanas gulung, dan juga cookies strawbery.

BACA JUGA:Lucu, Di Muara Enim Pengendara Takut Dirazia, Rupanya Polisi Bagi Takjil

“Untuk harganya cukup terjangkau yakni mulai Rp30.000, dengan kualitas bahan yang premium harga tersebut terbilang Worth it,” pungkas Ilham.

Produk-produk One Day One Prison Product ini kemudian dipajangkan dalam kegiatan pameran dalam rangka menyemarakan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 di halaman Lembaga Pemasyarakatan di Sumatera Selatan.

Pameran ini digelar sejak 23 Maret hingga 2 April. Disamping itu, masyarakat bisa melakukan pemesanan produk tersebut melalui akun media sosial resmi Lapas dan Rutan.

Kakanwil Ilham Djaya mengajak kepada seluruh pegawai, pengunjung dan masyarakat sekitar untuk membeli hasil karya dan produk warga binaan ini sebanyak-banyaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: