Bangun Jaringan Kemitraan Pemasaran dan Akses Permodalan, Guna Tercapai Kesejahteraan Petani

Bangun Jaringan Kemitraan Pemasaran dan Akses Permodalan, Guna Tercapai Kesejahteraan Petani

--

LAHAT, SUMEKSCO - Dalam meningkatkan kelembagaan pertanian, terutama dalam meningkatkan produksi, pasar dan permodalan, pada wilayah daerah Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP), Dinas Ketahanan Pangan Dan Holtikultura kabupaten Lahat menyelanggarakan kegiatan pertemuan antara kelompok tani, suplier dan keuangan perbankan di hotel Buser Lahat, Kamis 30 maret 2023.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mendukung produktivitas usaha tani, serta memfasilitasi kebutuhan dan pengembangan usaha Kelompok tani di Kabupaten Lahat.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPH dan Nakan) Kabupaten Lahat Eti Listina, S.P, M.M mengatakan, melihat hasil produk pertanian dan potensi yang ada di Kabupaten Lahat, maka perlu upaya dalam membangun jaringan kemitraan pemasaran dan akses permodalan.

"Semoga dengan acara ini dapat terwujudnya kerjasama kemitraan antara petani lembaga keuangan dan pembeli. Dalam rangka peningkatan kapasitas petani dalam menyediakan komoditi yang benilai ekonomis di daerah guna tercapainya kesejahteraan petani dan keluarganya," terang Eti Listiana. 

BACA JUGA:Kemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna Pemasyarakatan dan Imigrasi

Dirinya juga menambahkan jumlah peserta yang hadir sebanyak 40 orang terdiri dari beberapa OPD terkait, perbankan, calon pembeli dan pengurus gapoktan

Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA Mengatakan, sektor pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan nasional karna kontribusinya yang nyata dalam upaya mewujudkan ketersedian dan ketahanan pangan nasional.

"Untuk itu kami sebagai pemerintah Kabupaten Lahat mengapresiasi kegiatan ini, dan semoga kedepanya apa yang menjadi target capaian dapat terwujud, serta membuat Kabupaten Lahat semakin bercahaya," tutupnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: