Selama Ramadan, SMPN 1 Indralaya Ogan Ilir Ingin Perkuat Karakter Siswa

Selama Ramadan, SMPN 1 Indralaya Ogan Ilir Ingin Perkuat Karakter Siswa

Momentum Ramadan 1444 Hijriyah ini, SMPN 1 Indralaya bertekad untuk memperkuat karakter siswa lewat beragam kegiatan yang akan dilaksanakan mulai besok.-hetty-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Besok, 27 Maret 2023, sekolah di Kabupaten OGAN ILIR dari jenjang TK, SD, dan SMP mulai kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, setelah libur di awal Ramadan 1444 Hijriyah.

Sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ogan Ilir, bahwa seluruh sekolah hendaknya menanamkan nilai-nilai peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap anak-anak.

Berdasarkan hal inilah, SMP Negeri 1 Indralaya sudah menyusun sejumlah kegiatan di bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah ini, untuk memperkuat karakter siswa siswi SMP Negeri 1 Indralaya.

"Setiap pagi anak-anak melakukan sholat dhuha, kemudian pengajian, pembacaan Al-Quran, yasin, dan tahlil," ungkap Kepala SMPN 1 Indralaya, Herlina, kepada SUMEKS.CO, 26 Maret 2023.

BACA JUGA:Afgan, Maling Viral Hingga Naik Atap Rumah Warga di Ogan Ilir Akhirnya Berdamai, Korban Enggan Lapor Polisi

Selain itu, SMPN 1 Indralaya juga akan menggelar tausiyah kultum setiap awal masuk sekolah yang dilakukan setiap hari dari Senin hingga Jumat. Tujuannya, supaya anak-anak bersemangat belajar meski sedang menjalankan ibadah puasa.

"Makanya anak-anak sudah kita minta untuk membawa perlengkapan sholat dan Al-Quran masing-masing," katanya.

Menurut Herlina, sesuai jadwal yang diberikan Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir, bahwa jam masuk sekolah tetap di pukul 07.00 WIB, dan jam pulang sekolah setelah melaksanakan sholat dzuhur bersama di sekolah.

"Jadi ada perubahan jam tatap muka per mata pelajaran. Biasanya kan 40 menit, selama Ramadan ini hanya 30 menit," lanjutnya.

BACA JUGA:Viral di Media Sosial, Maling di Ogan Ilir Naik Atap Rumah Warga Karena Takut Dimassa

Guna menanamkan keimanan dan ketakwaan terhadap anak-anak, Herlina juga menambahkan bahwa SMPN 1 Indralaya juga akan menggelar Pesantren Kilat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dari Senin sampai Kamis.

"Khusus untuk Jumat kita akan menggelar yasin, tahlil, tahmid dan doa," ujarnya.

Sebagai implementasi karakter terhadap siswanya, SMPN 1 Indralaya juga akan tetap mengajak siswa untuk melakukan kebersihan kelas dan lain-lain kegiatan yang berkaitan dengan penguatan karakter.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: