30 Personel RPK Perusahaan Perkebunan Ikuti Pelatihan Penanggulangan Karhutbunla

30 Personel RPK Perusahaan Perkebunan Ikuti Pelatihan Penanggulangan Karhutbunla

Peserta pelatihan penanggulangan karhutbunla. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO – Sebanyak 30 personel regu pemadam kebakaran (RPK) dari perusahaan PT Rambang Agro Jaya mengikuti  pelatihan dan keterampilan untuk mencegah dan penanggulangan kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla). 

Kegiatan itu dilaksanakan di halaman Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI, Sabtu 11 Maret 2023. Para personel mengikuti pelatihan bertujuan untuk pembekalan pengetahuan pengendalian Karhutbunla. 

Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI, Edi Satriawan SP mengungkapkan, pelatihan bagi personel RPK ini terpenting adalah mempunyai kemampuan dalam penggunaan peralatan pemadaman agar dapat diimplementasikan pada unit kerja. 

"Nantinya para personel RPK dapat meningkatkan kemampuan dalam kesiapsiagaan tanggap darurat. Khususnya di perusahaan mereka," kata Edi, saat dihubungi SUMEKS.CO, Sabtu 11 Maret 2023.

Edi menyampaikan, adanya pelatihan bagi para personel ini juga dapat membangun jejaring kerja para pihak. Sehingga bisa bersinergi dalam upaya-upaya pengendalian Karhutbunla. 

Dia menyebut, pelatihan ini jelas sangat penting dilaksanakan, yakni untuk meningkatkan kemampuan seluruh personil dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan hutan dan kebun. 

Terutama menghadapi musim kemarau nanti. Kalau untuk sekarang hujan masih sering turun. Sehingga lahan gambut yang rawan terbakar dimusim kemarau masih basah. Termasuk lahan biasa saat ini masih aman. 

Lanjutnya, apabila hujan sudah jarang turun dan memasuki musim kemarau, maka rawan terjadi kebakaran sehingga perlu dilakukan pencegahan mulai dari sekarang. 

"Jadi melalui peningkatan kemampuan RPK ini dengan pelatiha," ujarnya. 

Edi menerangkan, dalam pelatihan ini personel yang mengikuti diberikan materi-materi baik teori maupun praktek langsung. Untuk narasumber yang memberikan pelatihan dari Manggala Agni ada sebanyak 8 orang. 

"Apa yang diberikan pemateri kepada personil yang mengikuti pelatihan dapat diterapkan dalam pencegahan dan pengendalian Karhutbunla," pungkas Edi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: