Rangkaian Terakhir Hari Pertama Ziarah Kubro, Ribuan Jemaah Memadati Pemakaman Aulia di Telaga Swidak

Rangkaian Terakhir Hari Pertama Ziarah Kubro, Ribuan Jemaah Memadati Pemakaman Aulia di Telaga Swidak

Ribuan jemaah Ziarah Kubro memadati kompleks Aulia dan Habaib di Telaga Swidak Kelurahan 14 Ulu Kota Palembang. Foto: Fadly/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Para jemaah muslim baik dari dalam hingga luar negeri, nampak memadati kompleks pemakaman Aulia dan Arif Billah Telaga Swidak, Kelurahan 14 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.

Meski didera hujan sejak sore, tidak menyurutkan ribuan jemaah untuk memanjatkan doa dan melantunkan ayat suci Al-Qur'an dalam satu rangkaian kegiatan Ziarah Kubro di hari pertama Jumat 10 Maret 2023 malam.

Dipimpin Al Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf, para jemaah juga membacakan Yasin yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Burdah Maulid.

Panitia seksi Humas Ziarah Kubro tahun 2023 Kota Palembang, Fadil Muhammad Assegaf mengatakan, ziarah di salah satu makam di Telaga Swidak ini merupakan rangkaian acara terkahir di hari pertama kegiatan Ziarah Kubro.

BACA JUGA:Pelaksanaan Ziarah Kubro di Pemakaman Aulia dan Habaib di Telaga Swidak Berlangsung Khidmat

Dipilihnya pemakaman di Telaga Swidak, lanjutnya dikarenakan terdapat beberapa makam para Habaib dan Aulia yang merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad SAW.

"Karena disini ada makam keturunan Nabi diantaranya makam Al Imam Al Habib Ahmad Bin Hasan Al Habsyie," terangnya.

Menurutnya, kegiatan Ziarah Kubro di tahun ini jumlah peserta yang ikut Ziarah Kubro lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang mana kegiatan Ziarah Kubro sempat vakum selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19 melanda.

Dibeberkannya, berdasarkan catatan yang diterima dari panitia penyelenggara lebih kurang 3.000 hingga 4.000, yang mana lebih kurang 200-an jemaah diantaranya berasal dari luar negeri.

BACA JUGA:Ziarah Kubro ke TPU Telaga Swidak, Pengendara Jangan Melintas di Jembatan Musi IV

"Diantaranya berasal dari Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, serta dari Hadramaut Yaman," ujarnya.

Terasa lebih istimewa lagi, lanjutnya dalam kegiatan Ziarah Kubro tahun 2023 selama tiga hari ini dihadiri langsung oleh ketua Alawiyin Indonesia yakni Al Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf.

Rangkaian kegiatan Ziarah Kubro akan dilanjutkan kembali pada Sabtu 11 Maret 2023 besok pada pukul 06.30 Wib, dengan agenda pertama yakni pembacaan Burdah di Kampung Al Habsyie tepatnya dirumah Al Habib Ahmad Bin Hasan Al Habsyie.

"Yang kemudian dilanjutkan dengan Ziarah Kubro makam Babussalam Komplek Assegaf dan berkahir Haul Al Faqihil Muqaddam Tsani di Kampung Al Munawwar," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: