Lewat Dewan Kerajinan Sumsel Award: Pupuk Jiwa Kompetisi Pelaku Usaha Kreatif, Tiap Daerah Harus Punya Ikon

Lewat Dewan Kerajinan Sumsel Award: Pupuk Jiwa Kompetisi Pelaku Usaha Kreatif, Tiap Daerah Harus Punya Ikon

Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, menyerahkan penghargaan kepada Ketua Dekranasda OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo Ali, dan Siung-Siung, pada Kriya Sriwijaya Fashion Parade. foto: budiman/sumeks.co.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Rakor PKK dan Rakerda Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Sumatera Selatan tahun 2023 resmi ditutup. 

Dimeriahkan dengan acara Dekranasda Award, Fashion Show Warsab Sriwijaya, dan Kriya  Sriwijaya Fashion Parade. 

Dekranasda Award sendiri diraih oleh RM Ali Hanafiah, Alm Suharni Manap, dan Almh Hj Ailuny Husni.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan setiap daerah dapat berkompetisi dengan para pelaku usaha seperti kegiatan malam ini. 

BACA JUGA:Gali Potensi Daerah, Dukung Penuh PKK dan Dekranasda

“Jangan menjadi sindrom, tapi justru semangat kreasi. Buat bangga masyarakat Sumsel,” ujar Deru di sela-sela acara penutupan Rakor PKK dan Rakerda Dekranada 2023 di Ballroom Aryaduta Palembang, Kamis, 9 Maret 2023.

Dia pun mengajak dan mengingatkan setiap daerah harus memiliki ikon. 

“Dekranasda-Dekranasda di kabupaten/kota harus bisa memiliki  produk aslinya sebagai kebanggaan daerahnya yang bisa menjadi ikon setiap daerah,” harapnya.

“Kita harus bangga dengan produk setiap daerah untuk dijadikan ikon, seperti bros nanas dari Prabumulih, Kawai Kanduk dari OKU Selatan,” tambahnya.

BACA JUGA:Listrik Dekranasda Sumsel Diputus, Siapa Lalai?

Ketua Panitia Pelaksana Rakor PKK dan Rakerda Dekranasda tahun 2023, Mega Nugraha SH MSi menjelaskan acara ini selain dihadiri Forkopinda Sumsel dan Ketua TP PKK Sumsel, juga dihadiri Walikota dan Bupati. 

Dijelaskan, selama rapat konsultasi TP PKK sendiri diikuti sebanyak 17 kabupaten/kota.

Pembahasan giat Dekranasda dengan tema Rakerda Dekranasda “Wirausaha Baru Pengerajin dan Budaya” bertujuan membina perajin sehingga dapat meningkatkan karya perajin. 

BACA JUGA:Gali Potensi Daerah, Dukung Penuh PKK dan Dekranasda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: