3 Hari Jelang Ziarah Kubro, Ini Daftar Makam Aulia Palembang yang Diziarahi

3 Hari Jelang Ziarah Kubro, Ini Daftar Makam Aulia Palembang yang Diziarahi

Ribuan orang ikuti Ziarah Kubro Palembang tahun sebelum masa covid-19. Foto;dok ziarah kubro--

PALEMBANG- SUMEKS.CO, 3 hari lagi jelang Ziarah Kubro Palembang 2023. Acara sakral, yang kini banyak disebut wisata religi ini telah menjadi agenda tahunan warga dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. 

Wisata Religi ini akan digelar pada Jumat 10 sampai Minggu 12 Maret 2023. Ziarah terbuka untuk umum, namun hanya untuk laki-laki. Agendanya mengunjungi (ziarah) ke makam-makam aulia (kekasih Allah), kesultanan, habaib Palembang. 

Ziarah kubro adalah tradisi yang baik, karena peziarah menengok atau mengunjungi ke tempat makam aulia. Mengingat jasa-jasa pendahulu. Berdoa dan berkirim hadiah doa. membaca Sholawat, membaca Yasin. Serta mengingat akan kematian. Kematian adalah nyata.

Akan hadir ribuan peziarah dari dalam dan luar kota palembang. Bahkan Ketua Panitia Ziarah Kubro Habib Mahdi Muhammad Syahab mengatakan, peziarah bukan hanya dari Palembang atau luar Palembang, tapi juga manca negara.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Dukung Ziarah Kubro

Berikut ini daftar di antara makam aulia (kekasih Allah) yang akan dikunjungi dalam Ziarah Kubro Palembang 2023 adalah:

1. Komplek Pemakaman Al Habib Ahmad Bin Shahab (Gubah Duku)

Makam ini terletak di Jalan M Isa Lrg Gubah (Pasar Kuto) 8 Ilir Palembang. Biasa disebut Makam Gubah Duku.

Di dekatnya ada Masjid Darul Muttaqien. Masjid dan gubah tersebut dibangun oleh Al-Habib Ahmad Bin Syeich bin Shahab, di atas wakaf milik ayahnya Al Habib Syech bin Ahmad Shahab yang dihadiahi oleh sultan. 

Al-Habib Ahmad Bin Syeich adalah seorang yang alim dan terkenal mempunyai karomah luar biasa. Beliau juga termasuk tokoh yang melakukan perluasan Masjid Agung Palembang.

2. Ponpes Arriyadh terletak di Jalan KHA Azhari 13 Ulu Palembang.

Pesantren ini didikan oleh Habib Abdurrahman bin Abdullah Alhabsyi. Banyak alumninya yang menjadi pimpinan di pesantren wilayah di Indonesia.

3. Pemakaman Aulia dan Habaib Telaga Sewidak 

Komplek makam ini terletak di Jalan KHA Zhari, 14 Ulu palembang. Dimulai dari rumah Alhabib Ahmad bin Hasan AL-habsyi di Kampung Karang Panjang (BBC) 12 Ulu Palembang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: