Siswa SMKN 1 Belida Darat Belajar Membatik ke Lubuklinggau

Siswa SMKN 1 Belida Darat Belajar Membatik ke Lubuklinggau

--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - SMK Negeri 1 Belida Darat, Kabupaten MUARA ENIM, Sumatera Selatan, terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang mumpuni nantinya.

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni membekali para siswa siswinya dengan berbagai keterampilan yang bisa diaplikasikan di masyarakat saat sudah menyelesaikan pendidikan nantinya.

Keterampilan yang diberikan SMKN 1 Belida Darat terhadap siswanya, yakni, cara membatik. Untuk itu, beberapa waktu lalu, SMKN 1 Belida Darat telah melakukan studi tiru ke SMKN 4 Lubuklinggau.

Studi tiru ini untuk mendukung program pertukaran pelajar SMK atau SMA antar kabupaten dan kota di Sumsel, dari Gubernur Sumsel untuk mendapat wawasan dan keterampilan siswa.

Menurut Kepala SMKN 1 Belida Darat, Romala Dewi, beberapa orang siswanya sudah mengikuti pelatihan membatik di SMKN 4 Lubuklinggau selama enam hari dari 23-28 Februari 2023.

BACA JUGA:Adu Kuat, Pol PP Pemkab OKI Bongkar Beton Menuju SMKN 3 Kayuagung

"Di sini anak-anak belajar untuk membatik. Kita ingin anak-anak ini mempunyai wawasan dan keterampilan untuk membatik," kata Romala Dewi, Selasa 7 Maret 2023.

Ditambahkan Romala, hasil studi tiru yang diikuti siswanya ke SMKN 4 Lubuklinggau ini akan disinkronkan dengan kurikulum muatan lokal budidaya nanas yang dimiliki SMKN 1 Belida Darat.

"Kami ingin mengaplikasikan juga kurikulum tersebut ke dalam kegiatan membatik. Jadi nanas itu kami ambil temanya bunga nanas dalam selembar kain batik," katanya.

Dipaparkan Romala, selama ini, SMKN 1 Belida Darat memang sedang mengembangkan budidaya nanas. Untuk olahannya, masih sebatas mengolah hasil buah nanas itu menjadi olahan makanan. 

Dalam kunjungannya ke Bumi Sebiduk Semare ini, SMKN 1 Belida Darat juga melakukan studi banding ke SMKN 2 Lubuklinggau. Dimana, SMKN 2 Lubuklinggau ini merupakan sekolah pusat keunggulan yang mempunyai jurusan tata boga. 

"Kami ke sana itu karena disana tempat inspirasi kami pada saat nanti akan membuat jurusan tata boga," tutupnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: