Kabupaten OKI Menunggu Vaksin Rabies, Didistribusikan ke Kecamatan Banyak Hewan Penular Rabies

Kabupaten OKI Menunggu Vaksin Rabies, Didistribusikan ke Kecamatan Banyak Hewan Penular Rabies

Sadi Purwanto -Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) saat ini masih menunggu Vaksin Rabies dari Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan. 

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, Ir Imlan Kairum melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan, Sadi Purwanto SP MSi menjelaskan, apabila vaksin rabies telah tiba, pihaknya segera mendistribusikannya ke kecamatan-kecamatan yang banyak Hewan Penular Rabies (HPR). 

Di Kabupaten OKI ada beberapa kecamatan yang banyak HPR. Yakni seperti Kecamatan Tanjung Lubuk, Mesuji, Mesuji Raya, Mesuji Makmur, SP Padang dan Kayuagung. 

"Kalau sekarang belum datang vaksin rabies di OKI, jadi kita masih menunggu. Begitu juga dosisnya belum tahun," ujarnya, saat dibincangi SUMEKS.CO, Senin 6 Maret 2023.

BACA JUGA:Kontraktor di OKI Mengaku Nelangsa, Terpaksa Gadaikan Sejumlah Harta Akibat Dana Proyek Tahun Lalu Belum Cair

Diungkapkan Sadi, kalau berkaca dari tahun 2022 lalu vaksin rabies biasanya datang di bulan April dari kementerian pertanian dirjen peternakan dan kesehatan hewan ke provinsi Sumsel baru ke Kabupaten/Kota. 

Adapun untuk dosisnya kalau tahun lalu Kabupaten OKI mendapatkan sebanyak 500 dosis vaksin rabies. Dimana setiap tahun selalu dapat. 

Mengenai alokasinya, sambung Sadi, sesuai dengan populasi hewan penular rabies. Vaksin rabies sendiri disuntikkan kepada hewan jenis anjing, kucing dan kera. 

"Hewan penular rabies ini disuntik vaksin oleh petugas medik dan paramedik veteriner di UPTD Puskeswan yang ada di Kabupaten OKI," terang Sadi. 

BACA JUGA: Pilkades di Kabupaten OKI Juni 2023, Maret Mulai Sosialisasi dan Calon Kades Tidak Lebih 5 Orang

Masih kata Sadi, untuk jumlah populasi HPR di Kabupaten OKI terdata sebanyak 1.500 ekor tetapi kalau untuk hewan yang liarnya tidak terdata. Dimana 1 ampul dosis vaksin rabies 10 Ml bisa untuk 10 ekor hewan. 

Sadi menambahkan, adapun tujuan dari penyuntikan rabies untuk pengebalan agar tidak terjangkit virus rabies. Dimana bisa menularkan ke manusia melalui gigitan.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: