Pemkab OKU Timur Salurkan DD Tahun 2023 Secara Simbolis

Pemkab OKU Timur Salurkan DD Tahun 2023 Secara Simbolis

--

MARTAPURA, SUMEKS.CO - Pemerintah kabupaten OKU Timur menggelar kegiatan penyerahan Simbolis Dana Desa tahun 2022 bertempat di balai rakyat pemkab OKU Timur Rabu 22 Februari 2023.

Penyerahan simbolis Dana Desa di hadiri langsung Bupati OKU Timur Ir.H.Lanosin., S.T, ketua DPRD OKU Timur H.Beni Defitson, S.IP, M.M, Kepala BANK SUMSEL BABEL cabang Martapura, Shafwat Saka, Unsur Forkopimda + , Sejumlah kepala OPD, kepala KPPN Baturaja, Kepala BPJS, Forum Camat serta kades Se-kabupaten OKU Timur.

Bupati OKU Timur H.Lanosin, ST dalam sambutannya mengatakan,” Dana Desa(DD) di harapkan dapat di kelola dengan benar oleh Desa itu sendiri, mulai dari perencanaannya, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawabannya, kata bupati.

Bupati Enos juga mengajak semua elemen untuk terus berjuang, melangkah dan bekerja keras secara bersama untuk dapat memajukan kabupaten OKU Timur yang lebih baik, ujarnya.

BACA JUGA:Prudential Syariah Bermitra dengan UIN Imam Bonjol Guna Mendorong Literasi Asuransi Jiwa Syariah

Masih di katakan bupati, ia menekankan kepada semua pihak agar dapat selalu membangun koordinasi, sehingga upaya keterpaduan pelaksanaan program pembangunan yang telah di rancang dapat terlaksana sesuai dengan amanat Undang-Undang dan sesuai dengan yang di harapkan guna menuju kabupaten OKU Timur Maju lebih mulia, tegas bupati Enos.

“Bupati juga menambahkan, alasan kegiatan ini harus di launching karena ini Dana milik Negara, maka Dana ini harus transparan kepada masyarakat, jelas orang nomor satu di bumi sebiduk sehaluan ini.

Bupati Enos juga menyampaikan bahwa, dari jumlah Desa di kabupaten OKU Timur, terdapat 30 persen posyandu yang tidak memiliki alat ukur dan alat timbang, untuk itu saya tekankan agar kepala Desa untuk segera mengatasinya agar kasus stunting bisa terminimalisir, ucapnya.

Bupati juga berharap Kedepannya, data-data Dasawisma bisa terkumpul dengan baik sebagai landasan kita untuk melaksanan sesuatu, harap bupati.

BACA JUGA:Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara Selamat dan Sukses 2 Tahun Kepemimpinan H. Devi Suhartoni

Dengan adanya Dana Desa ini, bupati menginginkan Bumdes untuk mencari peraturan sehingga bisa dapat menebuskan pupuk yang di butuhkan oleh para petani, sehingga para petani bisa mengunakan pupuk tersebut dan Bumdes mendapatkan hasil dari perputaran keuangan yang berada di sekitaran Desa tersebut,tutup bupati enos.

Sementara kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU Timur H.Rusman, SE dalam laporannya mengatakan,” Bahwa pagu Anggaran Dana Desa tahun 2023 untuk kabupaten OKU Timur berjumlah Rp, 256.846.091.000,- yang di bagi 305 Desa Definitif, Ucap Rusman kadin PMD.

Di tahap 1 ini, kata Rusman, Dana Desa untuk Non BLT sudah tersalurkan ke- 221 Desa dengan Jumlah Dana Sebesar Rp.54.963.245.750,-

Sedangkan Dana Desa untuk Bantuan langsung Tunai (BLT) DD, telah di proses salur untuk 221 Desa sebesar Rp.5.306.400.000,-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: