Elektabilitas Perindo Makin Menguat, Hary Tanoesoedibjo Top Five Ketum Parpol Terpopuler

Elektabilitas Perindo Makin Menguat, Hary Tanoesoedibjo Top Five Ketum Parpol Terpopuler

--

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menjadi salah satu ketua umum partai politik yang paling populer di Indonesia berdasarkan Survei Litbang Kompas.

Merujuk Survei Litbang Kompas periode 23 Januari 2023 itu, popularitas HT berada di posisi 5 besar (top five) dengan hasil survei 46,6% dan akseptabilitas 32,3%.

Popularitas HT tersebut bahkan melampaui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebesar 34,7% dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang mencapai 34,5%.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri masih berada di puncak sebagai ketua parpol paling populer di Indonesia.  Popularitas Megawati diikuti Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

BACA JUGA:Perindo Tembus 4 Besar Partai Peduli Pertanian, HT: UMKM dan Petani Bisa Ciptakan Lapangan Kerja

Mengutip Survei Litbang Kompas, Selasa 21 Februari 2023, kekuatan sosok tokoh partai, terutama ketua umum, menjadi personifikasi dari parpol dan memberikan insentif efek elektoral bagi partai.

Selain itu, Survei Litbang Kompas yang berlangsung pada 25 Januari hingga 4 Februari 2023 juga menempatkan Partai Perindo --yang dikenal peduli rakyat kecil, konsiten memperjuangkan penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera itu-- berada di peringkat 3 besar atau top three sebagai  partai politik dengan konstituen yang aktif di dunia maya atau media sosial dengan capaian 42,8%.

Adapun, di peringkat pertama terdapat PKS dengan angka berkisar 57,2%. Sementara itu, Partai Demokrat juga memiliki konstituen cukup aktif di medsos dan berada di urutan kedua dengan poin 46,3%.

Partai Perindo --yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada Pemilu 2024 itu-- dinilai publik menonjol dari sisi popularitas dan akseptabilitas, serta mampu meraih elektabilitas yang tinggi pula.

BACA JUGA:Lantik Ketua DPW Perindo Jatim & NTB, Hary Tanoe: Perkuat Infrastruktur Partai Guna Raih Double Digit

"Partai ini memiliki tingkat pengenalan 69,5% dengan  akseptabilitasnya berada di angka 45,7%. Dari sisi elektabilitas, Perindo juga relatif menonjol dibandingkan partai nonparlemen lainnya dengan angkat 4,1%," demikian dikutip dari Litbang Kompas, Selasa (21/2/2023).

Partai Perindo bahkan mengungguli dua parpol parlemen, yakni PPP 2,3 persen dan PAN 1,6 persen.

Senada, hasil survei terbaru Political Statistics (Polstat) pada Februari 2023 menunjukkan elektabilitas Partai Perindo menembus 5,1%. 

"Salah satu hasil yang fenomenal dari survei Polstat kali ini adalah semakin moncernya elektabilitas Partai Perindo," kata peneliti Polstat, Apna Permana dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu (22/2/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: