Jumlah TPS Naik, 618 Petugas Pantarlih Kabupaten PALI Dilantik

Jumlah TPS Naik, 618 Petugas Pantarlih Kabupaten PALI Dilantik

Sebanyak 618 orang dilantik menjadi petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kabupaten PALI. Foto: Heru/sumeks.co--

PALI, SUMEKS.CO - Sebanyak 618 orang dilantik menjadi petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang tersebar di lima kecamatan yang ada di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Minggu 12 Februari 2023.

Pelantikan berlangsung di kecamatan masing-masing. Untuk di Talang Ubi, pelantikan berlangsung di Gedung Nurthania, Simpang Empat Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi. 

Dengan dihadiri Komisioner KPU PALI, Fikri Adriansyah, TNI, Polri, PPK Talang Ubi dan Panwascam Talang Ubi.

Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario SE mengatakan, bahwa jumlah Pantarlih di Kabupaten PALI merupakan representasi dari jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Bumi Serepat Serasan.

BACA JUGA:1.256 Petugas Pantarlih di Ogan Ilir Lakukan Coklit Pemilu, Warga Diminta Siapkan Dokumen Pribadi

"Jumlah TPS mengalami kenaikan dari gelaran Pemilu 2019 lalu, yang hanya berjumlah 589 TPS, kini di Pemilu 2024 berjumlah 618 TPS," kata Sunario.

Lebih lanjut, mantan aktivis HMI itu merincikan jumlah petugas Pantarlih yang dilantik, yakni kecamatan Talang Ubi berjumlah 257 petugas. 

Kecamatan Abab 89 petugas, kecamatan Penukal 97 petugas, kecamatan Penukal Utara 75 petugas dan kecamatan Tanah Abang 100 petugas.

"Setelah pelantikan dilanjutkan dengan apel kesiapan pantarlih dengan penyematan topi, rompi pantarlih, ID Card serta distribusi alat kerja pantarlih berupa buku panduan, dokumen data pemilih, stiker dan lain-lain. Selanjutnya Pantarlih juga diberikan bimbingan teknis sebelum turun ke wilayah kerjanya masing-masing," urainya.

BACA JUGA:4.973 Pantarlih Palembang Dilantik, ini Pesan Wako Harnojoyo

Ditambahkan Sunario tugas dari Pantarlih nantinya yaitu untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit).

"Mulai hari ini setelah dilantik tanggal 12 sampai 14 Maret 2023 Pantarlih memiliki tiga tugas utama yaitu melakukan perbaikan terhadap data pemilih, memasukan masyarakat yang sudah memenuhi syarat namun namanya belum terdaftar dalam daftar pemilih dan mengeluarkan pemilih yang tidak memenuhi syarat dari daftar pemilih," terangnya.

Ditambahkanya, bahwa tugas utama tersebut sambungnya dilaksanakan secara De Jure, sesuai dengan informasi yang tercantum dalam KTP-el dan KK.

"Kepada masyarakat, kami berharap agar warga yang didatangi oleh petugas Pantarlih dapat membantu dengan menunjukan KTP-el dan KK. Kerjasama yang baik dari setiap warga akan mempermudah tugas para pantarlih. Dan pada akhirnya Data Pemilih yang Valid, Mutakhir, Akurat dan Berkualitas akan terwujud pada pemilu tahun 2024 ini," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: