Kenalkan Aplikasi Pak Tani, DPKP Kota Palembang Road Show ke Provinsi Bengkulu

Kenalkan Aplikasi Pak Tani, DPKP Kota Palembang Road Show ke Provinsi Bengkulu

Pemerintah Kota Palembang roadshow aplikasi Paktani--

BENGKULU, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), melakukan road show perdana aplikasi Pak Tani diluar kota.

Acara yang berlangsung di atrium Bencoolen Mall Bengkulu. Acara dihadiri Asisten I  Pemkot Palembang dan Asisten I Pemprov Bengkulu. Minggu, 12 Februari 2023.

Asisten I Pemkot Palembang Yanurpan Yanin melalui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti mengatakan, Aplikasi Pak Tani merupakan marketplace pertama di Indonesia yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Pelembang.

"Aplikasi Pak Tani ini adalah inovasi yang kami buat saat pandemi Covid19, ini adalah aplikasi lapak jual beli yang bisa didownload di playstore," ucap Yanurpan.

BACA JUGA:Mahasiswa Inovator Center UBD Palembang Partisipasi di Gebyar Pak Tani

Yanurpan melanjutkan, Kota Bengkulu menjadi tujuan road show pertama denga harapan aplikasi ini bisa bermanfaat dan diketahui masyarakat.

"Melalui road show diharapkan semakin banyak petani, pedagang, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Bengkulu bisa memasarkan komoditas pertanian, hortikultura, peternakan, dan perikanan menggunakan aplikasi Pak Tani," terang Yanurpan Yanin.

Ditambahkan Yanurpan, meskipun kegiatan Road Show belum dilakukan ke seluruh daerah terkhusus di Sumatera, namun pengguna aplikasi ini sudah cukup banyak. 

Tahun 2022 sudah ada 1.104 user yang menggunakan aplikasi ini dengan jumlah produk yang dijual sekitar 900 produk.

BACA JUGA:DPKP Palembang Sosialiasi Aplikasi Pak Tani, Marketplace Jual Beli Hasil Pertanian

Selain itu, aplikasi Pak Tani sangat menguntungkan petani. Karena, dengan aplikasi ini, petani dapat menjual komoditas pertaniannya langsung kepada pembeli tanpa melalui tengkulak.

Sementara itu, Asisten I Setda Pemprov Bengkuluu H. Khairil Anwar mengatakan road show aplikasi Pak Tani sangat diapresiasi sekali oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, apalagi Bengkulu menjadi tempat yang pertama. 

Selain itu aplikasi Pak Tani ini sangatlah unik, sebab berbeda pada belanja online pada umumnya karena antara pedagang atau penjual kepada konsumen masih bisa terjalin tawar menawar barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: