Catat, Restoran di Jerman Kenakan Denda Jika Pelanggan Sisakan Makanan

Catat, Restoran di Jerman Kenakan Denda Jika Pelanggan Sisakan Makanan

Ilustrasi.--

JERMAN, SUMEKS.CO - Pengusaha restoran di JERMAN, tepatnya negara bagian Lower Saxony mengeluarkan edaran terhadap pelanggannya.

Manajemen restoran Jerman mengeluarkan kebijakan dengan memberikan biaya tambahan kepada para pelanggan yang menyisakan makanan. Aturan tersebut diberlakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi jumlah sampah sisa makanan.

Salah satunya, Restoran Tiongkok Fang di Rhauderfehn misalnya, akan membebankan biaya tambahan EUR 10 (sekitar Rp162.000) kepada para tamu yang menyisakan makanannya di buffet atau prasmanan All You Can Eat.

Manajer Zi Ye mengatakan kepada lembaga penyiaran publik, NDR, bahwa tujuan dari kebijakan itu bukan demi uang, tetapi untuk menghindari sampah makanan.

“Karyawan membuang makanan senilai EUR 2.000 (Rp32,4 juta) hingga EUR 3.000 (Rp48,6 juta) setiap bulan,” katanya.

Aturan tersebut, jika pengunjung mau mencoba menghabiskan makanannya, mereka bisa terhindar dari denda. Namun, apabila menolak, mereka harus membayar atau bahkan dilarang mengunjungi restoran itu lagi.

Aturan serupa diterapkan di sebuah restoran di Wilhelmshaven di Laut Utara. Para tamu diminta membayar denda jika menyisakan terlalu banyak makanan di piring mereka.

Ada pula restoran yang menerapkan biaya tambahan berdasarkan berat sisa makanan. Restoran Oriental Gourmet misalnya, membebankan biaya EUR 3,50 (sekitar Rp56.000) per 100 gram dan akan ditambahkan ke dalam tagihan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: