Baru 88,64 Persen Masyarakat Banyuasin Tercover BPJS Kesehatan, Target Bupati Askolani 95 Persen

Baru 88,64 Persen Masyarakat Banyuasin Tercover BPJS Kesehatan, Target Bupati Askolani 95 Persen

Bupati Banyuasin, Askolani saat rapat koordinasi bersama Dinas Kesehatan Banyuasin, Rabu 25 Januari 2023.-Foto: Kate/sumeks.co-

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Bupati Banyuasin, Askolani menargetkan 95 persen masyarakat Banyuasin tercover oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2023 ini.

"Target saya tahun ini 95 persen masyarakat miliki BPJS kesehatan," kata Askolani usai menghadiri Rapat Koordinasi Dinas Kesehatan Banyuasin tahun 2023, Rabu 25 Januari 2023. 

Hal ini ditegaskan Askolani agar dengan memiliki BPJS kesehatan itu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik.

"Pastinya masyarakat Banyuasin tidak ada hambatan lagi. Jika ingin berobat," jelasnya. 

BACA JUGA:Masyarakat Dengan Kriteria Ini Berhak Dapat Dana PKH Januari-Maret 2023, Segera Cek Keaktifan Kartu KIS

Adapun dari jumlah penduduk Kabupaten Banyuasin 826.755 jiwa, baru sekitar 88,64% atau sebanyak 732.844 jiwa yang tercover BPJS kesehatan. Data ini per Januari 2023.

Rinciannya PBI APBN sebanyak 402.700 jiwa, PBI APBD 99.745 jiwa, PPU sebanyak 143.493 jiwa, PBPU sebanyak 80.649 jiwa dan terakhir BP sebanyak 6257 jiwa. 

Tentunya untuk capai target itu, Askolani meminta Dinas Kesehatan harus ekstra keras untuk melakukan pendataan dan lain sebagainya.

"Serta koordinasi dengan pihak BPJS kesehatan," ujar Askolani.

BACA JUGA:Bansos PKH Cair Akhir Januari 2023, Segera Periksa Keaktifan KIS BPJS, Klik cekbansos.kemensos.go.id

Lebih lanjut Askolani menerangkan kalau pengobatan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tetap dilakukan. Program tersebut dinilai sangat berhasil dalam praktiknya. 

Kepada tenaga kesehatan, Askolani berpesan untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kendati ada hambatan seperti jalan rusak dan lainnya, wajib tetap memberikan pelayanan maksimal.

"Berikan pelayanan prima kepada masyarakat," pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, dr Rini Pratiwi Mkes mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya untuk capai target tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: