24.019 Keluarga di Kabupaten OKI Penerima Bantuan PKH 2022, Berapa Jumlah Penerima Tahun Ini?

24.019 Keluarga di Kabupaten OKI Penerima Bantuan PKH 2022, Berapa Jumlah Penerima Tahun Ini?

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten OKI, Ali Rahman Kadir SPd. -Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 24.019 keluarga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), tahun 2022.

Bagaimana dengan tahun 2023? Sejauh ini Pemerintah Kabupaten OKI belum menerima data resmi dari Kementerian Sosial (Kemensos) mengenai jumlah KPM PKH tahun 2023.

"Iya kalau untuk tahun ini jumlah penerima bansos PKH belum kita diketahui, karena belum ditetapkan oleh Kemensos," ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, H Reswandi melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ali Rahman Kadir SPd. 

Dikatakan Ali Rahman Kadir, pihaknya tidak dapat berspekulasi mengenai jumlah penerima manfaat bantuan PKH. Namun biasanya data tersebut diterima pada bulan Maret. Jumlah penerima bansos PKH telah ditetapkan oleh Kemensos. 

BACA JUGA:Bansos PKH Cair Akhir Januari 2023, Segera Periksa Keaktifan KIS BPJS, Klik cekbansos.kemensos.go.id

Nantinya,  setelah diketahui jumlah penerima PKH, KPM bisa menerimanya. Biasanya disalurkan melalui bank atau bekerja sama dengan  PT Pos. 

"Tugas kami berwenang masalah data dan pengawasan penyalurannya saja. Sedangkan masalah uangnya sepenuhnya kewenangan Kemensos dan bank penyalur," jelas Ali, kepada SUMEKS.CO, Rabu 25 Januari 2023.

Dijelaskan Ali, nomina dana bantuan bervariasi diterima oleh KPM. Yakni sesuai dengan komponen yang dimiliki oleh KPM. 

Seperti diketahui, Kementerian Sosial (Kemensos) mencairkan bantuan PKH ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam setahun melalui empat tahap.

BACA JUGA: 4 Kali, Bansos PKH Januari 2023 Diberikan ke Balita Cair Rp 3.000.000, Cek di DTKS Kemensos, Bisa Pakai KTP

Dana PKH tahap 1 cair pada periode bulan Januari – Maret, tahap 2 cair periode April – Juni, tahap 3 cair periode Juli – September, tahap 4 cair periode Oktober – Desember.

Jelas pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2023 ini sangat ditunggu oleh masyarakat.

Mengingat saat ini telah memasuki akhir Januari dan belum ada informasi resmi terkait pencairan diperkirakan dana PKH tahap  1 mulai dicairkan pada Februari 2023 mendatang. 

Sambil menunggu pengumuman pencairan PKH tahap 1 masyarakat dapat mengecek status penerimaan secara online.

Sumber: