Siap Sukseskan Pemilu, KPU Muara Enim Lantik 765 PPS

Siap Sukseskan Pemilu, KPU Muara Enim Lantik 765 PPS

LANTIK : Ketua KPU Muara Enim melantik PPS di GOR Pancasila.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim, melaksanakan pelantikan dan pengucapan sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 tingkat Kabupaten Muara Enim diikuti sebanyak 765 orang di GOR Pancasila Kabupaten Muara Enim, Selasa 24 Januari 2023.

Ketua KPU Kabupaten Muara Enim Ahyaudin, menerangkan pelaksanaan pelantikan dan pengucapan sumpah ini dilaksanakan guna mempersiapkan serta mensukseskab Pemilu tahun 2024 mendatang.

"Alhamdulullah pelaksanaan perekrutan PPS telah berjalan dengan sukses hingga terlaksananya pelantikan dan pengucapan sumpah janji hari ini dengan diikuti oleh 765 PPS se-kabupaten Muara Enim mulai dari kelurahan dan desa. Dimana nantinya PPS ini akan bertugas selama 14 bulan terhitung sejak dilantik yakni sejak 20 Januari 2023 - 20 April 2024,"ungkapnya.

Selanjutnya, Ahyaudun menegaskan kepada seluruh PPS yang dilantik untuk melaksanakan tugas dengan baik dan patuhi peraturan perundang-undangan yang ada.

BACA JUGA:Ricky Rizal Ceritakan Keributan di Rumah Magelang: Kuat Ma'ruf Kejar Brigadir J Sambil Membawa Pisau

"Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung, jawab, jujur, adil serta secara profesional dan proporsional sesuai dengan peraturan dan undang-undang  guna terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang ada,"tegas Ahyaudin.

Kemudian, ia juga meminta kepada seluruh PPS agar sesegera melakukan koordinasi dengan Kades, Lurah, Kadus, dan Pemangku kepentingan di tingkat desa maupun kelurahannya masing-masing.

"Silakan setelah ini berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di desa maupun kelurahan masing-masing khususnya kepada lurah dan kades terkait pembentukan sekertariat PPS dan juga akan dilaksanakannya perekrutan petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih),"ujarnya.

Tidak hanya ke PPS, Ahyaudin juga memerintahkan PPK se-Kabupaten Muara Enim untuk turun ke lapangan guna melakukan supervisi, bimbingan, ataupun arahan kepada PPS di kecamatan masing-masing.

BACA JUGA:Ricky Rizal Ceritakan Keributan di Rumah Magelang: Kuat Ma'ruf Kejar Brigadir J Sambil Membawa Pisau

"Kami juga menegaskan ke PPK untuk turun ke desa-desa guna mensupervisi, membimbing, dan mengarahkan PPS  setiap saat serta menanggulangi maslah yang ada dengan sebaik - baiknya,"perintah Ahyaudin.

Terakhir, Ahyaudun menerangkan terkait sumber daya manusia (SDM) di KPU Kabupaten Muara Enim, kekuatan SDM penyelenggaran Pemilu tahun 2024 yaitu 27 orang di kabupaten yakni komosioner dan sekertariat, PPK dan sekertariatnya sebanyak 174 orang, dan terakhir PPS dan sekertariatnya berjumlah 1530 jadi total keseluruhan SDM kita miliki saat ini mencapai 1733 personil.

"Namun, selain itu dalam waktu dekat kita juga akan merekrut Petugas Pantarlih pada tanggal 26-30 Januari 2023 sebanyak 1851 petugas dan inilah yang harus dipersiapkan oleh PPS dalam waktu dekat ini,"tukasnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim di wakili Kabankesbangpol Andi Wijaya menyampaikan selamat kepada seluruh PPS se-Kabupaten Muara Enim atas telah dilantik dan diambil sumpahnya dan ia berpesan agar dapat menajalankam tugas dengan sebaik-baiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: