Tekan Inflasi, Jual Beras Medium Subsidi Seharga Rp7000 per kg

Tekan Inflasi,  Jual Beras Medium Subsidi Seharga Rp7000 per kg

RAPAT : Rapat Penjualan Beras Bersubsidi dalam rangka meringankan beban masyarakat terkena dampak inflasi diruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.--

Stok 200 Ton Lebih di Bulog Lahat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Untuk menekan inflasi imbas kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sektor pangan di wilayah Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan menyalurkan beras Medium bersubsidi seharga Rp7000 perkg.

“Penyaluran beras medium bersubsidi di Kabupaten Muara Enim untuk membantu menekan inflasi. Dan kalau bisa lebih cepat lebih bagus," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim, Syamsiah pada saat memimpin Rapat Penjualan Beras Bersubsidi dalam rangka meringankan beban masyarakat terkena dampak inflasi diruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Kamis 19 Januari 2023.

Menurut Syamsiah, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menekan inflasi imbas kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sektor pangan di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut ada dasarnya yakni Perda Muara Enim No 7 Tahun 2021 Tentang Penyaluran Cadangan Pangan, yang intinya mengatur tentang penyaluran beras bersubsidi untuk masyarakat yang salah satunya terkena dampak  inflasi atas kenaikan harga BBM tersebut. 

BACA JUGA:Kedatangan Ketum Demokrat AHY Disambut Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel Cik Ujang

"Atas dasar tersebut Bupati dan Sekda Muara Enim meminta Dinas Tanaman Pangan untuk mengkoordinir penjualan beras bersubsidi tersebut," ujar Syamsiah.

Saat ini, lanjut Syamsiah, total Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) beras medium bersubsidi yang berada di Bulog Lahat lebih dari 200 ton beras, dimana sebanyak 28 ton sudah siap didistribusikan yang berada di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muara Enim.

Dengan stok yang cukup memadai dan supaya penjualannya tepat sasaran, maka pihaknya memanggil seluruh Camat se-Kabupaten Muara Enim untuk mengetahui kondisi daerah masing-masing. 

Adapun rencananya, sambung Syamsiah, untuk harga jual beras Medium bersubsidi yang di pasaran seharga Rp10 ribu perkg akan kita jual Rp7000 ribu perkg dengan kemasan 5 kg perkampil dengan harga Rp35000.

BACA JUGA:Hanya Ada 1 Penangkar Benih Sawit Resmi di Kabupaten Lahat, Penangkar Ilegal Belum Bisa Ditertibkan

Selain itu, kita akan menjual juga Sembako lain seperti gula, gandum dan minyak goreng dengan harga dibawah pasaran.

Dan perlu diketahui bahwa beras Medium bersubsidi ini bukanlah beras Raskin, dan tetap mengedepankan kualitasnya.

"Untuk itu kami minta Kominfo dan camat untuk mempublikasikannya sehingga masyarakat kurang mampu bisa menikmatinya. Nanti  tinggal bagaimana teknis penjualannya sehingga benar-benar tepat sasaran," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: