Musi Rawas dan Lubuklinggau Bukan Prioritas Akses Tol Palembang - Bengkulu, Ini Penjelasannya

Musi Rawas dan Lubuklinggau Bukan Prioritas Akses Tol Palembang - Bengkulu, Ini Penjelasannya

Proyek tol Palembang - Bengkulu ditargetkan rampung tahun 2024.-Foto : Dok Hutama Karya-

BACA JUGA:Progres Capai 89 Persen, Tol Indralaya-Prabumulih Bisa Dipakai Mudik Lebaran Tahun Ini

Pada 15 November 2019, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang  189,2 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menghubungkan Provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. Diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Jalan tol yang membentang dari Lampung Tengah hingga ke Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Merupakan salah satu ruas jalan tol terpanjang yang pernah diresmikan Presiden Jokowi dan mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Tinjau Tol Indralaya-Prabumulih, ini Spesifikasinya

Tak hanya itu, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung juga merupakan tol terpanjang di Pulau Sumatera dan telah beroperasi sejak 2019 lalu hingga saat ini. 

Bahkan, sampai sekarang pun belum ada yang mengalahkan panjangnya Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung yang berdiri di Provinsi Sumatera Selatan ini.

Meski akan disalip oleh Tol Pekan Baru-Padang yang memiliki panjang 254 km, dan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206 km.

Namun, kedua tol tersebut hingga kini belum rampung dan belum bisa dioperasikan.

BACA JUGA:99 Persen Meggunakan Produk Lokal, Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia Ikon Baru Sumsel

Artinya, Sumatera Selatan tetap menjadi provinsi memegang predikat insfrastruktur jalan tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

Sementara, ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 112 km.

Sedangkan, pada Seksi II ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 Km, pembangunannya dilakukan oleh PT. Hutama Karya sepanjang 77,17 km dan sisanya merupakan dukungan dari Waskita Sriwijaya Tol sepanjang 2,4 km yang merupakan jalan akses.

Selanjutnya, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung merupakan Jalan Tol lanjutan ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 141 Km yang sudah beroperasi penuh sejak Maret 2019 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: