Kelompok Tani Desa Balian Panen Jagung Program CSR PT Sampoerna Agro Tbk

Kelompok Tani Desa Balian Panen Jagung Program CSR PT Sampoerna Agro Tbk

Kelompok Tani Balian panen jagung perdana program CSR PT Sampoerna Agro. Foto: dokumen/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kelompok Tani (Poktan) Desa Balian Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) panen tanaman jagung ketan di lahan milik desa seluas 0,75 hektar. 

Tanaman jagung itu merupakan binaan PT Sampoerna Agro Tbk bekerjasama dengan Pemerintah Desa. Yakni mengembangkan Program Ketahanan Pangan melalui budidaya jagung.

Program ini  sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi khususnya di Desa Balian. 

"Panen tanaman di Desa Balian pada Sabtu 14 Januari 2023 kemarin, turut dihadiri Kepala Desa Sardono, staf pengurus Desa dan anggota kelompok tani," kata Senior Manager Hikmah Lima, Lilis Suryani. 

BACA JUGA:Pusri Berikan Pelatihan Kawalan Kewirausahaan kepada Kelompok Tani di Banyuasin

Diceritakannya, para anggota Kelompok Tani bersama jajaran Pemerintah Desa Balian tampak antusias melakukan pemanenan jenis jagung ketan tersebut. 

"Apalagi kali ini merupakan panen perdana usai hampir 2,5 bulan jagung tersebut ditanam," ucapnya. 

Sementara itu Kepala Desa Balian, Sardono mengucapkan terima kasih kepada PT Sampoerna Agro Tbk yang telah memberikan kesempatan dan peluang atas bantuannya melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan untuk meningkatkan ekonomi warga masyarakat. 

"Saya selaku Kades Balian dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Sampoerna Agro yang telah menyalurkan dan mengembangkan Program Ketahanan Pangan di desa kami," ujar Kades.

BACA JUGA:Bupati Askolani Beri 9444 Ternak ke Kelompok Tani

Lanjutnya, mudah-mudahan Program CSR dari perusahaan ini dapat terus berlanjut dan berkembang. "Saya sangat mendukung program ini dan hasil panen jagung ketan tersebut kami pasarkan pada tengkulak, dan uangnya akan kami gunakan sebagai modal penanaman selanjutnya," terangnya.

Program Ketahanan Pangan merupakan salah satu program unggulan CSR PT Sampoerna Agro Tbk dalam Bidang Ekonomi. Program tersebut dirancang sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada pemerintah dalam upaya penyediaan bahan pangan baik secara lokal maupun nasional.

General Manager Plantation Area I Sumatera PT Sampoerna Agro Tbk yang diwakili oleh Senior Manager Lilis Suryani menyampaikan, kerjasama program ketahanan pangan ini dapat menjadi stimulasi bagi warga masyarakat dan desa-desa sekitar untuk memanfaatkan lahan pekarangan menjadi sumber pangan keluarga.

"Ini panen perdana jagung ketan dan merupakan salah satu kegiatan program ketahanan pangan yang ada di Desa Balian. Kami masih memiliki 2 kegiatan lagi yang masih kami dampingi. Yakni bidang perikanan, budidaya lele dan jangka panjang adalah budidaya pisang barangan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: