Pengakuan Pelaku Tawuran Antar Kelompok Pemuda di Palembang, Sempat Saling Tantang di Media Sosial Instagram

Pengakuan Pelaku Tawuran Antar Kelompok Pemuda di Palembang, Sempat Saling Tantang di Media Sosial Instagram

Tersangka Reza, salah satu pelaku aksi tawuran antar kelompok pemuda di Jalan Demang Lebar Daun Palembang yang diamankan saat diinterogasi. Foto: edho/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Tiga pelaku aksi tawuran antar kelompok pemuda di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan IB I Palembang berhasil ditangkap.

Reza (20), warga Jalan Ogan, Lorong Pelita, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan IB I Palembang, salah satu tersangka mengaku, sebelum tawuran pecah sempat saling tantang dan saling ejek di media sosial Instagram.

"Sebelum tawuran sempat saling tantang dan saling ejek di DM Instagram Pak," ujar tersangka Reza Senin 16 Januari 2023.

Tersangka Reza mengatakan dirinya hanya diajak setelah tahu ada yang menantang di akun Instagram yang kini belum diketahui milik siapa.

BACA JUGA:3 Pelaku Tawuran Antar Kelompok Pemuda di Palembang yang Tewaskan Farel Ditangkap, Ini Tampangnya

"Aku tuh melok bae diajak kawan dari rumah. Nunggu di pinggir jalan. Kebenaran rombongan korban lewat," terang Reza kepada polisi.

Rombongan korban, menurut tersangka sempat melakukan sweeping bersama rombongan lainnya.

"Ada sekitar 50 motor lebih yang jalan dari seluruh kelompok, entah dari mano bae. Sementara kami sudah nunggu. Setelah mereka lewat kami saling serang dan sambil melempar percon. Itu yang viral kemarin Pak ado yang merekam," beber Reza.

Pengangguran ini juga menjelaskan, rombongan korban yang datang secara berkelompok menggunakan sepeda motor nyaris berjumlah lebih dari 50 orang.

BACA JUGA:Polisi Beberkan Identitas Korban Tawuran Antar Kelompok Pemuda di Jalan Demang Lebar Daun Palembang

"Budak nih gabungan Pak, hampir lebih 50 orang yang datang. Aku diajak tapi aku mundur setelah perang petasan. Terus ado yang di depan maju terus aku melok maju.
Korban sudah disikso, dibacok, sudah tekapar
Aku baru melok injak-injak paha," beber tersangka Reza.

"Sebenarnya aku lah sudah kasihan jingok korban yang sudah mintak ampun. Tidak tega lihat korban yang sudah dibacok Pak. Terus aku sempat kabur tapi langsung ditangkap polisi," ujarnya.

Diketahui, tiga pelaku yang terlibat dalam aksi tawuran antar kelompok yang tewaskan Farel Anggara Putra ditangkap polisi.

“Alhamdulillah belum 1 x 12 jam setelah kejadian tiga pelaku kita tangkap,” kata Kapolsek IB I Palembang Kompol Rian Suhendi SPT SIK melalui Kanit Reskrim Iptu Apriansyah SH saat dikonfirmasi Senin 16 Januari 2023 pagi.

BACA JUGA:Video Detik-detik Tawuran Berdarah di Palembang Viral, Korban Dikeroyok dan Dibantai Para Pelaku

Ketiganya yakni Reza, Diki Apriansyah dan Iqbal. Para tersangka diringkus di tempat yang berbeda tanpa perlawanan.

“Satu pelaku atas nama Reza yang kita amankan beberapa jam setelah kejadian. Setelah kita lakukan pengembangan, kita mengamankan pelaku Diki di Ogan Ilir dan pelaku Diki ditangkap di Lorong Ogan,” beber Iptu Apriansyah.

Ketiganya kini masih dalam pemeriksaan penyidik Unit Reskrim Polsek IB I Palembang.

Polisi membeberkan identitas korban yang tewas dalam aksi tawuran antar kelompok pemuda pada Minggu 15 Januari 2023 dinihari kemarin.

BACA JUGA:Tawuran Berdarah di Kota Palembang Makin Masif, Sempat Mereda Selama Pandemi Kini Mulai Marak Lagi

Korban yang tewas tersebut saat dilarikan ke RS Bhayangkara M Hasan Palembang identitasnya belum diketahui atau Mr X.

Korban bernama Farel Anggara Putra. Merupakan warga Jalan Pangeran Ayin, Lorong Krawo, Kelurahan Kenten, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Identitas itu terungkap setelah ibu korban Ana Apriliani (40), mencari keberadaan anaknya yang belum pulang ke rumah sejak Minggu 15 Januari 2023 siang.

“Ibu korban mencari korban dan Minggu siang kemarin bertemu dengan teman-temannya dan menanyakan perihal kemana keberadaan anaknya,” ujar Kapolsek IB I Palembang Kompol Rian Suhendi SPT SIK melalui Kanit Reskrim Iptu Apriansyah SH saat dikonfirmasi Senin 16 Januari 2023 pagi.

BACA JUGA:Tawuran Antar Kelompok Pemuda di Palembang Tewaskan 1 Orang, Polisi: Murni Tawuran

Teman-temannya tadi, kata Apriansyah, langsung memberitahukan kalau korban berada di RS Bhayangkara M Hasan Palembang.

“Minggu sore ibu korban langsung mendatangi RS Bhayangkara M Hasan untuk memastikan. Setelah itu ibu korban langsung membuat laporan polisi perihal kasus pengeroyokan yang menewaskan korban,” terang Apriansyah.  

Tawuran antar kelompok pemuda di Palembang tewaskan satu orang yang identitasnya belum diketahui.

Kapolsek IB I Palembang Kompol Rian Suhendi SPT SIK saat dikonfirmasi SUMEKS.CO Minggu siang mengungkapkan satu orang terduga pelaku berhasil diamankan.

BACA JUGA:Polisi Amankan 8 Pelaku Tawuran Antar Kelompok Pemuda di Palembang yang Tewaskan 1 Orang

“Sementara terduga pelaku sudah diamankan di Polsek dan untuk identitas korban masih nihil (Mr X),” tegas Kompol Rian Suhendi.

Untuk motifnya, kata mantan Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Sumsel ini aksi tersebut murni tawuran.

“Murni tawuran. Kedua belah pihak tidak saling kenal. Kita juga mengamankan barang bukti dua bilah senjata tajam, tapi belum tahu senjata tajam mana yang dipakai pelaku karena tidak ditemukan padanya,” beber Kapolsek Rian.

Sebelumnya, polisi mengamankan delapan orang terduga pelaku kelompok tawuran pemuda yang tewaskan seorang laki-laki tanpa identitas (Mr X) di Palembang Minggu 15 Januari 2023.

BACA JUGA: Tawuran Antar Kelompok Pemuda Minggu Dini Hari di Palembang Pecah, 1 Orang Tewas

“Pelakunya satu orang, yang lain sebagai saksi dari aksi tawuran,” ujar Kapolsek IB I Palembang Kompol Rian Suhendi SPT SIK melalui Kanit Reskrim Iptu Apriansyah SH, Minggu siang. 

Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan di Mapolsek IB I Palembang untuk penyelidikan lebih lanjut. 

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa senjata tajam yang dipakai saat melakukan aksi tawuran.

“Yang menjadi korban belum diketahui identitasnya (Mr X). Kini masih di Intalasi Forensik RS Bhayangkara M Hasan Palembang,” terang Iptu Apriansyah.

BACA JUGA:Polisi Gagalkan Rencana Aksi Tawuran di Kalidoni, Lihat Barang Buktinya, Ngeri

Sebelumnya diketahui, tawuran antar kelompok pemuda terjadi di Palembang Minggu 15 Januari 2023 pecah dan menewaskan satu orang.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Demang Lebar Daun, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan IB I Palembang sekitar pukul 03.40 WIB.

Satu orang yang tewas tersebut berjenis kelamin laki-laki yang identitasnya belum diketahui (Mr X).

Polisi juga telah mengamankan delapan orang pelaku yang terlibat tawuran dan barang bukti senjata tajam dan 12 unit sepeda motor.

BACA JUGA:Malam Natal Tawuran Pecah di 7 Ulu Palembang, 6 Orang Ditangkap Termasuk Barang Bukti Ini

Korban yang tewas mengalami luka bacok di begian kepala belakang, luka tusuk di bagian punggung dan luka sayat di kaki bagian paha sebelah kiri.

Korban sempat dilarikan ke RS Bhayangkara M Hasan Palembang namun nyawanya tidak tertolong lagi.

Pihak kepolisian dari Polsek IB I Palembang membenarkan aksi tawuran tersebut.

“Iya, benar dan korban yang tewas belum diketahui identitasnya,” ujar Kapolsek IB I Palembang Kompol Rian Suhendi SPT SIK melalui Kanit Reskrim Iptu Apriansyah SH, Minggu siang saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: