Luar Biasa, ini Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Luar Biasa, ini Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Kopi-Foto: Anja/Pixabay -

SUMEKS.CO - Kopi hitam banyak disukai orang. Mulai dari kaum Adam hingga Hawa. Selain dipercaya bisa mencegah kantuk, minum kopi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, ada baiknya minum kopi hitam tanpa gula. Kopi juga mengandung antioksidan. Hasil riset Universitas Scranton, Amerika Serikat, baru-baru ini menunjukkan kopi adalah sumber antioksidan nomor satu di AS.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Melindungi tubuh dari diabetes tipe 2

Riset Universitas California di Los Angeles (UCLA) menyebutkan minum kopi hitam meningkatkan tingkat plasma dari globulin pengikat hormon sex (SHBG). SHBG mengendalikan aktivitas biologis dari hormon testosteron dan estrogen yang berperan dalam mengembangkan diabetes tipe 2.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center dan Fakultas Kesehatan Universitas Harvard menyimpulkan bahwa meminum kopi pada tingkat moderat akan melindungi tubuh dari kesalahan jantung.

3. Mencegah penyakit liver

Mengonsumsi kopi secara reguler berkaitan dengan menurunnya risiko penyakit liver otoimun yang biasa disebut primary sclerosing cholangitis (PSC). Para peneliti menyimpulkan bahwa kopi memiliki kandungan yang bisa melindungi dari sirosis, terutama sirosis alkohol.(genpi/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: