Mau Tahu Sejarah Nasi Ampera? ini Ceritanya

Mau Tahu Sejarah Nasi Ampera? ini Ceritanya

Nasi Ampera.--

Salah seorang pegawai restoran salah satu rumah makan di Palembang yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku persoalan porsi ini telah ada sejak dahulu dan telah turun temurun. Bahkan sekadar ciri khas budaya saja.

"Untuk masalah perbedaan porsi saya tidak tahu persis, namun yang pasti ini turun temurun dari dahulu porsinya beda saat dibungkus," ujarnya dengan loga khas Padang dibincangi Kamis, 12 Januari 2023.

Seiring berjalannya waktu, Nasi Ampera pada restoran Padang pun masih tetap ada, namun jangan dikira Nasi Ampera bisa mendapatkan lauk pauk yang mewah, seperti rendang ataupun opor ayam.

Biasanya, Nasi Ampera hanya menyajikan lauk lauk berupa ikan goreng laut ataupun sungai seperti irisan ikan tongkol goreng yang di sambal, di rames dengan sayur nangka serta remahan kerupuk merah serta sebungkus kecil air minum.

BACA JUGA:Berdayakan Pelaku UMKM, Rumah BUMN BRI di Sumatera Barat Antarkan Rendang Tembus Pasar Ekspor

Harga yang ditawarkan nasi Ampera cukup bervariasi dimulai dari Rp10 ribu hingga Rp15 ribu, bahkan sekarang restoran ataupun rumah makan masakan Padang banyak membuka dengan tulisan serba Rp10 ribu.

Di kota Palembang provinsi Sumatera Selatan ini, sudah banyak menjamur tempat makan khas Padang versi Ampera serba Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per bungkus.

Dengan berbagai lauk Pauk yang diberikan, berupa telur bulat, telur dadar, ikan sambal, ayam goreng, yang sesuai dengan kantong baik mahasiswa ataupun pekerja kantoran hingga buruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: