Harum Pandan Martabak Jambi Langsung Bikin Ngiler, Yuk Cobain!

Harum Pandan Martabak Jambi Langsung Bikin Ngiler, Yuk Cobain!

Martabak Jambi, merupakan salah satu panganan yang dijual di stand Ogan Ilir Expo di kawasan Tanjung Senai Indralaya. Martabak Jambi memiliki cita rasa yang khas, karena ada ekstrak daun pandan.-Foto: Hetty/sumeks.co-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sebagian besar orang Indonesia tanpa terkecuali warga Kabupaten OGAN ILIR, tentu sangat mengenal Martabak. Di Indonesia, terdapat beragam Martabak yang tentunya memiliki kekhasan tersendiri. Salah satunya Martabak Jambi.

Kalau biasanya yang sering terdengar di telinga adalah Martabak Bangka dan Martabak India, di Ogan Ilir Expo yang berpusat di kawasan Tanjung Senai Indralaya terdapat pedagang yang berjualan Martabak Jambi.

Frass, penjual Martabak Jambi mengungkapkan, Martabak Jambi memiliki cita rasa yang khas dibandingkan Martabak lainnya. Karena, Martabak Jambi, menggunakan ekstrak daun pandan sebagai campuran pada adonan Martabak.

"Kalau Martabak lain kan warnanya kuning, untuk Martabak Jambi warnanya hijau. Karena kita menggunakan daun pandan asli, bukan pewarna makanan," kata Frass, Selasa, 10 Januari 2023.

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Pindang Salai Hj Nurmi Jalan Lintas Kayuagung Favorit di OKI

Menurut pria asli Jambi ini, karena ekstrak daun pandan yang tercampur pada adonan, membuat warna Martabak Jambi begitu menggoda. Belum lagi, wangi khas daun pandan membuat lidah langsung ngiler.

"Mungkin inilah salah satu yang menarik minat pembeli untuk membeli Martabak Jambi," ucap Frass.

Untuk rasa Martabak Jambi hampir sama dengan Martabak Bangka, yakni memiliki rasa manis legit. Hanya saja, Martabak Jambi lebih harum lantaran wangi daun pandan yang begitu khas.

"Untuk isiannya, ada kacang, cokelat susu, keju, kismis, dan ketan hitam," paparnya.

BACA JUGA:Sayur Pakis Kuah Santan, Aslinya Tanaman Liar, Ternyata Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh

Satu porsi Martabak Jambi, Frass menjualnya dengan harga Rp 15.000. Adapun bahan untuk membuat Martabak Jambi, sama halnya dengan membuat Martabak Bangka. Yakni, tepung terigu, telur, baking soda, gula pasir, garam, dan air.

"Jangan lupa airnya dari perasan daun pandan," tegasnya.

Kemudian, ada gula pasir untuk taburan sekitar 5 sendok makan. Kemudian, butter untuk olesan sekitar 3 sendok makan, serta baking soda untuk tambahan tiap loyang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: