5 Wisata Alam di Kabupaten OKI Ini Masih Sepi Pengunjung, Padahal Ada Pantai yang Tak Kalah Dengan Bali

5 Wisata Alam di Kabupaten OKI Ini Masih Sepi Pengunjung, Padahal Ada Pantai yang Tak Kalah Dengan Bali

Danau Teluk Rasau OKI.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan daerah yang sangat luas terdiri dari 18 Kecamatan. Secara fisiografis, Kabupaten OKI terletak pada bentang alam dataran rendah yang menempati sepanjang Sumatera bagian timur. Wilayah ini sebagian besar memperlihatkan tipologi ekologi rawa, meskipun secara lokal dapat ditemukan dataran kering.

Dengan tofografi lembah, datar sampai bergelombang dengan ketinggian 8 meter sampai 45 meter di atas permukaan air laut. Tak heran bila kabupaten ini sebenarnya memiliki landscape pemandangan alam yang indah.

Sedikitnya ada 5 destinasi wisata alam yang indah di Kabupaten OKI. Sayangnya, kelima destinasi ini belum berkembang dan sepi pengunjung. Padahal di antara kelima destinasi tersebut ada sebuah pantai yang seyogyanya tak kalah indah dengan pantai yang ada di Pulau Dewata Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten OKI, Ahmad Ilyas, melalui Kepala Bidang Destinasi dan Pariwisata, Ali Suaidi SH mengatakan, sebenarnya cukup banyak wisata yang ada di Kabupaten OKI dan semuanya tersebar. 

BACA JUGA:Gudang Solar Oplosan di Kertapati Digerebek, BPH Migas: Sumsel Zona Merah Praktik Penyelewangan BBM

Tetapi, meskipun zaman terus berjalan dan maju, ternyata tempat wisata di Kabupaten OKI belum berkembang atau kurang aktif. Hal itu terjadi menurutnya karena banyak faktor. 

"Ada lima tempat wisata yang belum berkembang atau kurang aktif. Jadi keadaan tempat wisata itu masih seperti dahulu. Bahkan tidak ada pengunjungnya lagi," terang Ali, saat diwawancari SUMEKS.CO, Senin 9 Januari 2023.

Diceritakannya, adapun 5 tempat wisata itu adalah objek wisata Danau Teluk Gelam berada di Jalan Lintas Timur Sumatera Kecamatan Teluk Gelam. Lalu Danau Teloko terletak di Desa Teloko Kecamatan Kayuagung. 

Kemudian, objek wisata Danau Teluk Rasau terletak di Kecamatan Pedamaran, objek wisata Bukit Batu terletak di Desa Bukit Batu Kecamatan Pangkalan Lampam. 

BACA JUGA:Venna Melinda yang Bucin Banget Kini Laporkan Ferry Irawan ke Polisi Dugaan KDRT

Terakhir adalah Pantai Menjangan yang terletak di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal. Pantai Menjangan ini berada di berbatasan dengan Selat Bangka dan masuk dalam kawasan Pantai Timur Kabupaten OKI. 

Berikut ini 5 destinasi wisata di OKI yang indah tapi sepi pengunjung:

1. Danau Teluk Gelam

Danau Teluk Gelam menawarkan wisata alam yang menawan. Danau ini terletak di tepi jalan raya lintas Sumatra Timur, sekitar 92 km ke arah tenggara Palembang. Danau ini memiliki air yang cukup dan tenang, dengan rumput kecil yang diisi air. Meski begitu, danau ini bisa digunakan untuk olahraga dayung dan jet ski.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: