Jembatan di Palembang Kok Dibangun Tak Sesuai Urutan, Jembatan Musi 1 Entah Dimana? Ternyata Ini Alasannya

Jembatan di Palembang Kok Dibangun Tak Sesuai Urutan, Jembatan Musi 1 Entah Dimana? Ternyata Ini Alasannya

Jembatan di Palembang dibangun tak sesuai urutan. Ternyata ini alasannya. foto: evan zumarli/sumeks.co --

BACA JUGA:Ternyata Ini Jembatan Terpanjang di Palembang, Bukan Ampera

Pembangunan Jembatan Musi IV bertujuan mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan meningkatkan konektivitas di Kota Palembang. 

Perencanaan pembangunan Jembatan Musi IV telah dilakukan sejak tahun 2010.

Namun, karena keterbatasan anggaran, konstruksinya baru dilaksanakan pada tahun 2015-2018 menggunakan dana APBN dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan total dana Rp 553,57 miliar.

Masyarakat Palembang baru bisa menikmati jalan tersebut pada 2019 lalu. Dengan adanya Jembatan Musi IV Palembang, masyarakat bisa menghemat waktu sekitar 20 menit jika dari Kuto Batu menuju 14 Ulu dibandingkan harus melewati Ampera.

BACA JUGA: Simak 5 Istilah Angka Dalam Bahasa Palembang Yang Wajib Kamu Ketahui

BACA JUGA:Jembatan Ampera Ditutup hingga Pukul 01.00 WIB Dini Hari, Silakan Lewati Jalan Alterantif Ini

Alasan Jembatan Musi IV Palembang bisa mengalahkan panjang Ampera dikarenakan bentuk dan akses jalannya sedikit melingkar. Sedangkan, Ampera dari Ulu dan Ilir jalannya membentang lurus.

Perlu diketahui, untuk menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir Kota Palembang, pemerintah telah membuat tiga jembatan baru selain Jembatan Ampera. 

Meliputi, Jembatan Musi IV, yang ada di Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang.

Selanjutnya, ada Jembatan Musi VI yang membentang dari kawasan Tanggo Buntung ke kawasan 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang.

BACA JUGA:6 Kata Sindiran Bahasa Palembang yang Viral Badai di TikTok, Nomor Empat Bikin Ngakak, Nomor 6 Auto Dilamar 

BACA JUGA:Ternyata Ini Jembatan Terpanjang di Palembang, Bukan Ampera

Kemudian ada Jembatan Musi II, yang menghubungkan kawasan Gandus dan Keramasan. Jembatan ini lebih diperuntukan kendaraan besar seperti bus dan truk.

Jembatan-jembatan ini dibangun pemerintah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di Jembatan Ampera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: