Mana yang Benar? BMKG Prediksi Hujan Ekstrem Bakal Terjadi di Jabodetabek 30 Desember Bukan 28 Desember 2022

Mana yang Benar? BMKG Prediksi Hujan Ekstrem Bakal Terjadi di Jabodetabek 30 Desember Bukan 28 Desember 2022

BMKG memprediksi bahwa hujan ekstrem bakal terjadi di jabodetabek 30 Desember 2022. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. foto: BMKG --

JAKARTA, SUMEKS.CO -  Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, BMKG memprediksi wilayah Jabodetabek memang akan terjadi hujan ekstrem namun bukan badai. 

Hujan esktrem juga diperkirakan terjadi pada 30 Desember 2022 mendatang.

Dwikorita Karnawati saat jumpa pers seperti dilihat di YouTube BMKG, Selasa, 27 Desember 2022.

Menurutnya, hujan ekstrem tidak harus berupa badai. Dan trennya udah terlihat sejak 21 Desember dan trennya semakin meningkat di 29 Desember nanti.

BACA JUGA:Waspada! Hingga 2 Januari 2023, Potensi Badai dan Cuaca Buruk Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

“Jadi itu hujan lebat, bukan pusaran, istilah badai kan pusaran, pusaran angin dan disertai hujan lebat,” katanya.

“Kalau Jabodetabek itu 28 Desember masih belum ada merahnya, yang dikhawatirkan Jawa Tengah dan Laut Jawa,” ucap Dwikorita.

BMKG membantah badai dahsyat bakal terjadi pada 28 Desember 2022 di wilayah Jabodetabek. BMKG memiliki prediksi berbeda dengan BRIN.

Namun BMKG memprediksi bahwa hujan ekstrem bakal terjadi di Jabodetabek pada 30 Desember 2022.

BACA JUGA:Palembang Cerah Berawan Siang Hingga Sore Hari, Prakiraan Cuaca Hari Ini Senin 26 Desember 2022

Sebelumnya, peneliti klimatologi BRIN, Erma Yulihastin, memaparkan potensi hujan ekstrem hingga badai terjadi di Jabodetabek pada 28 Desember.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat jumpa pers seperti dilihat di YouTube BMKG, Selasa, 27 Desember 2022 menyebutkan, istilah badai atau terminologi badai itu kurang lebih merupakan siklon tropis, jadi pusaran angin yang kencang yang juga mengakibatkan hujan ekstrem.

“Itu dideteksi akan terjadi di wilayah sebelah utara Papua, dan juga sedang berproses, tapi kemungkinan terjadi katanya rendah di wilayah selatan barat Indonesia, itu dimaksud badai sesungguhnya,” ujarnya lagi.

Dwikorita mengatakan besok di wilayah Jabodetabek masih kategori aman. Dia mengatakan intensitas hujan besok adalah hujan ringan hingga sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: