Parpol Lama Sepakat Nomor Urut Pemilu 2019, PPP Minta Diundi

Parpol Lama Sepakat Nomor Urut Pemilu 2019, PPP Minta Diundi

Parpol peserta Pemilu 2019. --

Jazilul pun meyakini Ketum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) juga setuju jika parpolnya kembali berlaga di Pilpres 2024 menggunakan nomor wahid. Dia berharap PKB mampu 'juara 1' di pemilu nanti.

"Saya yakin Ketum PKB Gus Muhaimin juga setuju, mengambil semangat nomor satu, semangat sang juara. Harapannya, PKB juara satu dan mengedepankan persatuan," katanya.

BACA JUGA:Petakan Potensi Indeks Kerawanan Pemilu Serentak 2024

PAN

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi tak mempersoalkan nomor urut yang digunakan di pemilu mendatang tak berubah ataupun diundi. Namun Viva pun tak keberatan jika nomor urut PAN tetap sama seperti Pemilu 2019.

"PAN tidak berkeberatan jika untuk partai politik yang telah lolos parliamentary threshold 4 persen di pemilu 2019 lalu, untuk nomor urutnya tetap sebagaimana pemilu sebelumnya," kata Viva, Selasa (13/12/2022).

Viva mengatakan nomor 12 milik PAN sudah menjadi nomor yang bagus untuk digunakan berlaga di pemilu. Dia berharap masyarakat akan memilih nomor urut tersebut.

"Dan nomor 12 juga nomor bagus. Apalagi saat ini dunia sedang demam piala dunia Qatar 2022. Titik pinalti adalah berjarak 12 langkah dari gawang. 12 pas. Semoga di pemilu nanti masyarakat juga akan memilih partai nomor urut 12, yakni PAN, He-he-he...," katanya.

NasDem

Wasekjen NasDem Hermawi Taslim menganggap Perppu Pemilu yang baru diterbitkan Jokowi itu sebagai payung hukum. Terkait ini, Hermawi menegaskan parpolnya berketetapan hati dengan pilihan nomor urut yang sama seperti Pemilu 2019, yakni nomor urut 5.

"Perppu ini kami terima sebagai sebuah payung hukum agar proses kepemiluan tetap dalam koridor hukum," kata Hermawi, Selasa 13 Desember 2022.

"NasDem telah berketetapan hati untuk mengambil opsi tetap dengan nomor peserta 5 seperti pada pemilu 2019. Sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 179 ayat 3 Perpu 1/2022 tentang perubahan atas UU 7/2017 tentang pemilu," lanjut dia.

BACA JUGA:Panwascam Palembang Dilantik, Pelanggaran Pemilu Bisa Dilaporkan

PPP

Berbeda dengan parpol parlemen lain, PPP lebih memilih nomor urut yang diundi. Waketum PPP Arsul Sani menganggap pengundian nomor urut ini agar setiap partai memiliki hak yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: