Jakabaring Sport City Palembang Kini Dikenal Sampai ke Mancanegara

Jakabaring Sport City Palembang Kini Dikenal Sampai ke Mancanegara

Jakabaring Sport City ramai dikunjungi warga saat akhir pekan.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, adalah kompleks olahraga dengan fasilitas lengkap yang berada di Kota Palembang, Sumatera Selatan

Salah satu fasilitas olahraga yang ada di JSC, yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Stadion ini berdiri diatas lahan seluas 325 hektar dengan kapasitas 40 ribu penonton. 

Stadion Gelora Sriwijaya merupakan stadion terbesar ketiga di Indonesia, setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan Stadion Utama Palaran, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pembangunan JSC dimulai pada 2001. Pertama kali dipergunakan untuk tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XVI 2004. 

BACA JUGA:Jelang SFC vs Semen Padang, Gerbang JSC Dijaga Ketat

Selanjutnya digunakan sebagai tempat perhelatan SEA Games XXVI 2011. Tak hanya itu, JSC pernah menjadi tempat sekunder untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

Pada saat terpilih menjadi tuan rumah PON XVI 2004, Pemerintah Provinsi Sumsel membutuhkan stadion sebagai tempat pelaksanaan acara olahraga nusantara tersebut. 

Kompleks JSC diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 November 2011.

Pada PON XVI 2004, kompleks ini hanya terdiri dari stadion utama dan dua hall olahraga Gelora Olahraga (GOR) Dempo dan Gelora Olahraga Ranau. 

BACA JUGA:Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Dikebut, Sambut Piala Dunia U-20

Kompleks ini kemudian dikembangkan saat menyambut SEA Games XXVI 2011.

Kompleks tersebut kemudian dilakukan penambahan arena olahraga pendukung lainnya yang digunakan untuk Asian Games 2018 yang juga dihelat bersama Jakarta.

Adapun fasilitas di JSC yakni, Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Lapangan Tenis Bukit Asam, Stadion Atletik Jakabaring, Stadion Akuatik Jakabaring, Gedung GOR Ranau (Badminton), Gedung GOR Dempo (Senam), Lapangan Bisbol, Lapangan Sofbol, Stadion menembak, Arena Ski Air, Arena Voli Pantai, Arena Panjat Dinding, Arena Sepatu Roda, Arena Petanque, Arena Bowling, Sirkuit International Jakabaring (dalam proses). 

Kawasan ini pun dilengkapi fasilitas pendukung seperti Wisma Atlet dan Gedung Sport Science. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: