Rambu Mata Kucing Tiga Jembatan di Kota Palembang Banyak Hilang

Rambu Mata Kucing Tiga Jembatan di Kota Palembang Banyak Hilang

Road stud atau rambu mata kucing di Jembatan Musi 6 banyak hilang.-fadli-

PALEMBANG, SUMEKS.CO- Road stud atau lebih dikenal rambu mata kucing yang terbuat dari besi aluminium dan reflektor, yang terpasang di tiga jembatan di Kota Palembang banyak hilang. 

Seperti di Jembatan Musi 6 yang menghubungkan wilayah sseberang ilir dan seberang ulu, Kota Palembang. Awal jembatan dibuka ada ratusan mata kucing yang dipasang. 

Menurut salah seorang pedagang makanan yang berjualan diatas Jembatan Musi 6 Amin, hilangnya mata kucing tersebut sudah berlangsung sejak lama.

"Sepengetahuan saya, mata kucing itu hilang karena pemasangannya tidak terlalu kuat, mudah lepas saat kendaraan roda empat melindasnya mas," kata Amin dibincangi SUMEKS.CO, Minggu, 27 November 2022.

BACA JUGA:4.000 Guru di Palembang Ikuti Jalan Sehat dan Sepeda Santai HUT Guru

Apa yang dikatakan Amin benar adanya. Mata kucing yang seyogyanya berfungsi sebagai reflektor pembatas jalan bagi pengendara saat kondisi gelap. 

Kondisi serupa juga terpantau di Jembatan Musi IV. Banyak mata kucing berbentuk bola bening yang hilang. Bahkan di Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang itu.

Informasi yang dihimpun, Road Stud atau rambu mata kucing adalah salah satu perangkat keselamatan bagi pengendara sebagai pembatas jalan dua lajur. 

Mata kucing terutama sangat bermanfaat pada saat jalan gelap ataupun berkabut. Terutama jika kondisi lampu penerangan jalan baik jalan raya ataupun jembatan dalam keadaan mati. 

BACA JUGA:Kota Palembang Aman, Belum Ditemukan Kasus Anak Terinfeksi Polio

Rambu mata kucing sangat dirasakan manfaatnya agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: