467 Bonsai Jadi Pusat Perhatian Masyarakat di Pamnas PBBI Prabumulih

467 Bonsai Jadi Pusat Perhatian Masyarakat di Pamnas PBBI Prabumulih

Salah satu bonsai yang menjadi peserta Pamnas PPBI Prabumulih 2022. Foto: Dian/sumeks.co--

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Sebanyak 467 pohon Bonsai dari berbagai kelas di Pameran Nasional (Pamnas) Prabumulih 2022 menghiasi taman kota Prabujaya. Puluhan bonsai tersebut, berhasil menyita perhatian masyarakat Kota Prabumulih dan menyejukkan pandangan.

Betapa tidak, bonsai dari kelas Prospek, Pratama, Madya hingga Utama yang dipamerkan di Taman Kota Prabujaya Prabumulih tampak memanjakan mata para pengunjung terlebih Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan Sumsel Drs Agus Dharwah MSi yang hadir dalam kegiatan pembukaan Pamnas Bonsai Prabumulih, Kamis 23 November 2022 sore. 

"Kita sangat kagum dengan gelaran Pamnas Bonsai Prabumulih 2022. Selain pesertanya yang nyaris menembus angka 500, semangat panitia dan sinergitas Pemerintah dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) juga patut diapresiasi," ujar Agus Dharwah.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan momen Pamnas kiranya dapat dimanfaatkan oleh pecinta dan penggemar bonsai untuk menciptakan peluang usaha karena Bonsai kini dan masa yang akan datang dipastikan bakal banyak peminatnya. 

BACA JUGA:Sejarah Pertama di Prabumulih, Bonsai Ratusan Juta 'Mejeng' di Prabujaya

"Terbukti, di Sumsel saja telah banyak pameran-pameran Bonsai yang tentu saja dapat mendongkrak perekonomian para petani Bonsai" papar Agus.

Ketua PPBI Pusat, Erwin saat menambahkan, dengan banyaknya kepengurusan PPBI yang sudah berdiri di semua Provinsi, bahkan kepengurusan bukan hanya di tingkat provinsi dan kabupaten kota juga ada kepengurusan di tingkat ranting atau di tingkat kecamatan. 

Karena itu, dinilai pentingnya edukasi untuk pebonsai sejak dini, atau lebih kerennya sekolah Bonsai. 

"Sekolah Bonsai di sini dalam artian para pemilik jiwa seni bonsai agar menularkan ilmunya, melakukan pelatihan tentang teknik membuat bonsai yang baik karena tidak semua orang memiliki keahlian di bidang ini," jelasnya. 

BACA JUGA:Ratusan Bonsai Ikut Kontes Bonsai Kemerdekaan Penesak

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PPBI Kota Prabumulih Gusti Randa. Ia berharap melalui kegiatan Pamnas Bonsai Kota Prabumulih 2022 dapat mendongkrak perekonomian Kota Prabumulih. 

"Kami senantiasa bersama seluruh pengurus PPBBI Kota Prabumulih akan berusaha agar kegiatan Pamnas menjadi Agenda tahunan di Kota Prabumulih," pungkas Gusti disambut aplause meriah dari para pecinta bonsai Kota Prabumulih.

Informasi yang dapat dihimpun, para juri yang datang dari berbagai daerah seperti Bangka, Bengkulu, Lampung, Jakarta dan Tanggerang itu sudah mulai melakukan penilaian sejak Rabu (23/11) dan Kamis (24/11) para juri dipastikan mulai menancapkan bendera pada bonsai-bonsai berkualitas dan berpredikat baik.(*)

Sumber: