Gerhana Bulan di Palembang Terhalang Awan, Jemaah Salat Khusuf Qamar Khidmat

Gerhana Bulan di Palembang Terhalang Awan, Jemaah Salat Khusuf Qamar Khidmat

Gerhana Bulan di Palembang terhalang mendung Foto: edy sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gerhana bulan (khusuf qamar) yang terjadi di Kota Palembang Selasa 8 November pukul 17.59 WIB, tak tampak karena terhalang awan.

Ya, awan meyelimuti langit Kota Palembang pada sore hingga memasuki malam pukul 19.00 WIB lebih, mengakibatkan terhalangnya gerhana bulan untuk disaksikan dengan mata telanjang.

Kendati demikian, masyarakat Kota Palembang tetap melaksanakan salat khusuf qamar dan mendengarkan khutbah dengan khidmat.

Seperti halnya yang dilakukan jemaah Masjid Citra Grand City (CGC) Palembang. Ratusan jemaah menggelar salat khusuf yang dipimpin Ustadz Masagus Al Hafidz. Sementara bertindak selalu khotib yakni Ustadz H Harie Madhona.

BACA JUGA:Perluasan Rumah Sakit Dr AK Gani, Diprotes Aliansi Penyelamat BKB di Palembang

Hal serupa dilaksanakan di Masjid Agung Palembang yang digelar usai Salat Maghrib berjamaah.

Salat Gerhana di Masjid Agung Kota Palembang dengan khotib Ustad Muhammad Iqbal dan imam Ustad H M Fadhil Syamsuddin, STHI Al-Hafidz. 

Sementara itu di Masjid Nur Hasanah, Kalidoni, Kota Palembang, selaku khotib Al Ustadz Abu khoir Al jalury dan imam Akhuna Sarfaraz Abdussalam Azhar.

BACA JUGA:Jemaah Masjid Agung Kota Palembang, Sumsel, Melaksanakan Salat Gerhana

Diketahui, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomis, Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia pada 8 November 2022.

Menurutnya, Gerhana Bulan Total di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB.

Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB.

BACA JUGA:Pidum-Tekab Satreskrim Polrestabes Palembang Amankan Tujuh Jukir Liar

Untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, GBT dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT. (dy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: