Dosen Unsri Berkarya melalui Pelatihan Dasar CPNS Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dosen Unsri Berkarya melalui Pelatihan Dasar CPNS Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. (Sumber: Peraturan LAN No. 1 Tahun 2021).

Muhammad Naufal Rachmatullah, M.T.,- Salah satu CPNS di lingkungan Universitas Sriwijaya Fakultas Ilmu Komputer, saat ini sedang mengikuti kegiatan Latsar CPNS yang berada dibawah Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Wako Palembang-Delegasi JKPI Tebar Benih Ikan di Sungai Musi

Kegiatan dilakukan mulai bulan Agustus-November 2022. Kegiatan Latsar Tahun ini dilaksanakan secara Blended Learning, yaitu Pelatihan Dasar CPNS yang dilakukan dengan memadukan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas dengan proses pembelajaran secara daring.

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring diantaranya distance learning, dan aktualisasi. Selanjutnya, hasil aktualisasi (klasikal) dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan tersebut dipaparkan secara tatap muka.

Kegiatan klasikal bertujuan untuk mengaktualisasikan dan habituasikan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK. Salah satu bentuk aktualisasi dan habituasi yang dilakukan adalah dengan mendukung program kerja instansi terkait.

Dalam hal ini, Naufal mengembangkan aplikasi pendaftaran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Aplikasi yang saat ini dikembangkan bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran program MBKM oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Unsri. Sitem pendaftaran program MBKM ini perlu dilakukan secara otomatis oleh sistem agar proses pendataan peserta program MBKM dapat terawasi dengan baik.

BACA JUGA:Usai Pecat Parag Agrawal, Elon Musk Bakal Kurangi Karyawan Twitter Seluruh Dunia

“Dengan aplikasi ini harapannya dapat membantu mempermudah pendataan mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Selain itu, aplikasi ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program yang dijalankan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.” Ujar Naufal.

Dalam pelaksanaannya, Naufal di mentori oleh Ibu Alvi Syahrini Utami M.Kom selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya dan Coach Adhani Ekowati S.Psi., M.Si dari Kementerian Perhubungan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: