Penanganan Kemiskinan Diperlukan Sinergitas Semua Pihak

Penanganan Kemiskinan Diperlukan Sinergitas Semua Pihak

RAKOR : Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Muara Enim Amrullah Jamaludin membuka rakor Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLTR) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO –  Menindaklanjuti program Kemensos dalam penekanan angka kemiskinan. Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim, mengelar rapat koordinasi (Rakor) Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLTR) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), di hotel Griya Serasan Sekundang, Selasa 1 November 2022.

Kegiatan rakor yang dihadiri 180 orang peserta itu dibuka langsung staf ahli Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Amrullah Jamaludin SE. Turut hadir, Kepala Dinas Sosial Drs Bhakti MSi, Sekretaris Soni Prihartono.

Selain itu turut hadir juga Dinsos Provinsi Sumsel Hendri Hapandi dan Badan pembangunan Daerah Muara Enim Yosi Utama bertindak sebagai narasumber dan para OPD terkait.

“Program penanganan fakir miskin dan tidak mampu jika masih bersifat sektoral sehingga mengakibatkan penanganan fakir miskin masih kurang efektif. Untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu diperlukan sinergitas, peningkatan akses dan integrasi layanan melalui SLRT,” ujar Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Muara Enim Amrullah Jamaludin.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Kedatangan Tamu tak Diundang

Puskesos sendiri lanjut Amrullah, merupakan lembaga yang dibentuk oleh kelurahan atau desa untuk memudahkan warga miskin dan rentan miskin dalam menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan dimana pemerintah desa diharapkan menyediakan kontribusi anggaran untuk pelaksanaan Puskesos.

“Saya berharap partisipasi aktif dan sinergi semua pihak terkait, agar dapat terlaksana program ini dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan melalui alur layanan yang telah ditetapkan dalam penyelesaian permasalahan yang ada sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di kabupaten Muara Enim,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim Drs Bhakti MSi didampingi Sekretaris Soni Prihartono, menerangkan kegiatan rapat koordinasi tersebut bertujuan demi terwujudnya perbaikan pelayanan sosial di Kabupaten Muara Enim dan mendorong Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Muara Enim untuk turut serta dalam penyelenggara kesejahteraan sosial secara terpadu melalui Puskesos. 

BACA JUGA:Mau Tahu Sejarah Jembatan Ampera? Simak Kesaksian Sejarahwan Sumsel

Bhakti menambahkan, diperlukan juga sinergitas OPD atau Instansi yang terintegrasi dengan layanan di SLRT untuk terus meningkatkan sinkronisasi dan integrasi layanan dengan SLRT serta mendorong para fasilitator SLRT dan pengurus Puskesos yang telah terbentuk untuk senantiasa meningkatkan layanan mutu sosial.

“Sebab layanan SLRT ini sangat penting dan baik sekali karena merupakan layanan terpadu terhadap berbagai masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Layanan ini langsung menyasar ke masyarakat yang ada di desa-desa sehingga langsung menyentuh kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Sosial Soni Prihartono, menambahkan kegiatan rakor SLRT dan Puskesos yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman khususnya para fasilitator yang melaksanakan tugasnya, karena para fasilitator merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk mendekatkan akses layanan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini guna memberikan penguatan dam menciptakan kesamaan persepsi dan pemahaman kepada pelaksana   dalam melaksanakan program tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA:Curi Handphone Milik Husni, Firman Ditangkap Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: