12 Perahu Ketek Standy By di Benteng Kuto Besak Siap Angkut Peserta JKPI IX 2022

12 Perahu Ketek Standy By di Benteng Kuto Besak Siap Angkut Peserta JKPI IX 2022

Kordinator Perahu Ketek di Dermaga BKB, Jailani Siap Angkut peserta JKPI IX Palembang.-foto:mia-

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Perhelatan Rapat Kerja Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia IX  (Rakernas JKPI) tahun 2022 di Palembang besok dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Nadiem Makarim dan juga bakal dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno. 

Disela-sela acara, peserta JKPI IX Palembang ada jadual berwisata ke Pulau Kemaro. Panitia JKPI IX Palembang menyiapkan 12 perahu ketek di Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB)

Fasilitas perahu ketek diberikan secara gratis bagi peserta JKPI IX yang ingn melihat Pulau Kemaro.

Hal itu dibenarkan oleh kordiantor pengemudi perahu ketek Jailani. Mereka akan melayani peserta JKPI IX yang ingin plesir ke Pulau Kemaro. Berdasarkan jadual yang Jailani dan kawan kawan terima, perahu ketek harus siap standy mulai pukul 09.00 sd 15. 00 WIB selama acara JKPI IX.

''Kami pengemudi nunggu di sini  Demaga Benteng Kuo Besak,'' kata Jailani kepada SUMEKS.CO, Selasa 01 Oktober 2022 di Pelataran BKB.

BACA JUGA:Disini Tempat Beli Songket Cinderamata Khas Palembang

Teknisnya? Setiap kontingen provinsi atau kota utusan JKPI IX memiiliki Liason Officer (LO) dari Dinas Pariwisata Kota Palembang. LO ini mengkordinir dan mengarahkan para tamu.

Menurut Jailani, ke-12 perahu ketek disewa per hari oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang.  Sewa perahu ketek Rp 500.000/hari dengan dua kali trip pulang pergi.

''Alhamdulillah rejeki.''

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motif Songket Palembang, Cek Harga Bulan November 2022 selama JKPI IX

Menurut dia, kalaupun harus mengantar tamu JKPI XI tiga kali bolak balik tidak masalah. ''Palembang lagi ada even nasional, Jadi dak apo apo kalo nganter tamu JKPI IX Palembang lebih dari dua kali. Kapasita penumpang perahu ketek sendiri cuma 10 orang. '' 

Jarak tempuh BKB ke Pulao Kemaro sendiri diperkiran 45 menit jika tidak melawan arus. Trip pulang itu terkadang lebih lama.  ''Tamu kadang-kadang ada yang lama berfoto-foto di Pulau Kemaro. ada yang cuma lihat lihat saja.''

Pulau Kemaro terkenal dengan legenda kisah cinta tragis. Berada di tengah Sungai Musi menjadi salah satu destinasi wisatawan lokal, wisatawan luar provinsi bahkan dari mancanegara. 

Pulau Kemaro cukup unik karena terbentuk dari proses alam di Sungai Musi berpuluh tahun lampau. Di pulau ada klenteng yang  dibangun sejak tahun 1962. Disana juga terdapat makam  Tan Bun An (Pangeran) dan Siti Fatimah (Putri) yang berdampingan. Kisah cinta mereka berdualah yang menjadi legenda terbentuknya pulau ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: