Air Sungai Pasang, Warga Irigasi Ramai Menjaring Ikan

Air Sungai Pasang, Warga Irigasi Ramai Menjaring Ikan

Warga menjaring ikan di Sungai Irigasi, Ilir Barat I, Kota Palembang, Minggu, 9 Oktober 2022.-Naba Anwar-

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Air sungai tinggi akibat pasang, warga Jl Irigasi, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, jaring ikan. 

Sejak pagi hingga sore, banyak warga menjaring ikan di Sungai Irigasi. Lantaran sedang pasang, ikan dari Sungai Musi masuk ke aliran sungai ini. 

Uniknya, jaring yang digunakan warga merupakan alat tradisional. Jaring berentuk persegi empat, masing-masing sudut diikat pada kayu. Kemudian ada bambu panjang sebagai pegangan. 

Jaring akan ditenggelamkan kedalam air. Beberapa saat kemudian jaring diangkat. Kalau beruntung beberapa ekor ikan akan ikut terangkat menempel di jaring. 

BACA JUGA:Sering Macet Akibat Lapak Pedagang Buah 9/10 Ulu Menjorok Kejalan Umum dan Jalan Berlobang

"Memang kalau lagi hujan deras ini airnya pasang sehingga banyak ikan bermunculan, jadi warga sini setiap air pasang pasti akan menjaring dan sebagian memancig," kata Wawan Saputra, warga Jl Irigasi, kepada SUMEKS.CO, Minggu 9 Oktober 2022.

Wawan menjelaskan aktivitas menjaring ikan dimulai beberapa hari lalu. Sepanjang aliran Sungai Irigasi ada yang menjaring ikan. 

"Menjaring disini dari pagi sampai sore ada orang terus, siapa saja boleh menjaring, puncak paling ramai di sore hari," tuturnya. 

Saat ditemui SUMEKS.CO, Wawan sudah mendapat 20 ekor ikan tembakang dari hasil menjaring.

BACA JUGA:CFN Sekanak Lambidaro Palembang Terus Ramai Dikunjungi

"Di anak sungai ini mayoritas ikan tembakang, namun ada juga ikan nila atau mujair, tapi sedikit,” tambahnya.

Ikan didapat, cukup untuk lauk makan sehari-hari. Disaat harga mahal sebagai imbas harga BBM naik, bisa menghemat pengeluarkan untuk membeli lauk. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: