Badan Jalan Tinggal Separuh Tergerus Air, Warga Tebing Tinggi Empat Lawang Kesulitan

Badan Jalan Tinggal Separuh Tergerus Air, Warga Tebing Tinggi Empat Lawang Kesulitan

Warga memperlihatkan badan jalan yang habis tergerus air. -Hendro-

EMPAT LAWANG, SUMEKS.CO - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, beberapa hari terakhir membuat ruas jalan yang menghubungkan Desa Baturaja Baru dan Desa Sugiwaras, Kecamatan Tebing Tinggi, tergerus.

Hampir separuh badan jalan sudah habis tergerus karena dihantam arus air Sungai Musi. Akibatnya pengendara terpaksa lewat lahan warga. Kondisi jalan pun menyempit dan berbahaya.

Kepala Desa Baturaja Baru, Agustian mengatakan, memang selama ini jalan tersebut sudah sering tergerus. Sudah diusulkan oleh warga namun belum ada tindak lanjut dari pihak terkait.

Akses jalan tersebut semakin parah, saat hujan deras turun pada Minggu, 2 Oktober 2022, malam hingga dini hari, yang menyebabkan Sungai Musi meluap.

BACA JUGA: Polres Empat Lawang Amankan 6 Dus Miras dan Rokok Tanpa Cukai

"Aliran Sungai Musi meluap dan lokasi jalan tepat di bibir sungai. Sehingga tanah di jalan itu selalu terkikis dihantam aliran sungai," kata Kades.

Dulu pernah dilakukan perbaikan darurat oleh warga. Namun tidak bertahan lama. 

Anggota DPRD Empat Lawang juga sudah meninjau lokasi dengan harapan bisa segera diatasi. Tapi hingga saat ini tidak ada perbaikan, malah semakin parah.

Akses jalan yang terputus merupakan jalan kabupaten penghubung antar desa. Selalu dilewati oleh warga untuk ke kebun dan anak-anak ke sekolah.

BACA JUGA:Dispenser Meledak, Kantor BPKAD Empat Lawang Nyaris Ludes Terbakar

"Warga Desa Baturaja Baru banyak lewat jalan itu untuk ke kebun di kawasan Desa Sugiwaras. Kalau dari Desa Sugiwaras banyak anak sekolah lewat jalan itu ke Desa Baturaja Baru karena akses lebih dekat," jelasnya.

Ada akses jalan lain dari Desa Sugiwaras menuju pusat Kota Tebing Tinggi. Yakni melewati jembatan gantung multifungsi, namun warga harus memutar lebih jauh.

Pihaknya berharap jalan tersebut segera diperbaiki. Karena kondisi jalan tersebut sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilewati kendaraan. Terutama roda empat.

Kapolsek Tebing Tinggi, AKP Fauzi Saleh menambahkan, pihaknya sudah meninjau lokasi jalan yang tergerus. "Kami menghimbau warga untuk hati-hati melewati jalan tersebut," tukasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: