277 Pendaftar Rebutkan Kursi Panwascam di Ogan Ilir

277 Pendaftar Rebutkan Kursi Panwascam di Ogan Ilir

Pendaftaran Panwascam di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir.-Hetty-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Masa pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di OGAN ILIR sudah ditutup 27 September 2022. Hasilnya, terdapat 277 pendaftar dari 16 kecamatan yang ada di OGAN ILIR.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir, Dermawan Iskandar mengatakan, dari 277 pendaftar tersebut terdapat 260 orang mengirimkan berkas langsung ke kantor dan 17 orang mengirimkan berkas melalui pos elektronik. 

"Selama tujuh hari masa pendaftaran, tidak ada pendaftar yang mengirimkan berkas melalui pos," ungkap Dermawan kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu, 28 September 2022.

Adapun rincian 277 pendaftar, yakni, Indralaya 35 pendaftar (20 laki-laki, 15 perempuan), Indralaya Selatan 8 pendaftar (6 laki-laki, 2 perempuan), Indralaya Utara 21 pendaftar (16 laki-laki, 5 perempuan), Pemulutan 12 pendaftar (9 laki-laki, 3 perempuan), Pemulutan Barat 18 pendaftar (15 laki-laki, 3 perempuan), Pemulutan Selatan 12 pendaftar (9 laki-laki, 3 perempuan), dan Tanjung Raja 16 pendaftar (12 laki-laki, 4 perempuan).

BACA JUGA:Ratusan Pendaftar Rebutkan Kursi Panwascam di Kabupaten Empat Lawang

Kemudian, Rantau Alai 11 pendaftar (7 laki-laki, 4 perempuan), Kandis 11 pendaftar (7 laki-laki, 4 perempuan), Sungai Pinang 17 pendaftar (15 laki-laki, 2 perempuan), Rantau Panjang 9 pendaftar (7 laki-laki, perempuan nihil), Muara Kuang 21 pendaftar (19 laki-laki, 2 perempuan), Rambang Kuang 23  pendaftar (20 laki-laki, 3 perempuan), Lubuk Keliat 16 pendaftar (9 laki-laki, 7 perempuan), Tanjung Batu 31 pendaftar (25 laki-laki, 6 perempuan), dan Payaraman 16 pendaftar (15 laki-laki, 1 perempuan).

"Pendaftar yang kami terima ini adalah yang telah memenuhi syarat kelengkapan berkas yang telah diumumkan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dermawan mengapresiasi antusiasme masyarakat Ogan Ilir dalam mengawal demokrasi. 

"Kami sangat mengapresiasi semangat masyarakat Ogan Ilir untuk bergabung menjadi jajaran pengawas Pemilu. Apalagi ada beberapa peserta yang dari kelompok disabilitas," terangnya.

BACA JUGA:Hari Pertama, 19 Pendaftar Panwascam Serahkan Berkas ke Bawaslu Ogan Ilir

Dari segi pekerjaan, sambung Dermawan, sangat variatif. Mulai dari ASN, perangkat desa, hingga ibu rumah tangga. 

"Menurut kami, ini sangat luar biasa. Ini menunjukkan kepedulian masyarakat agar demokrasi di Ogan Ilir lebih berkualitas dan bermartabat," lanjutnya.

Pengumuman kelengkapan administrasi akan dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2022. Bagi yang dinyatakan lengkap administrasi, akan diikutsertakan tes tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022. 

"Pelaksanaan tes tertulis kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kemudian, akan menggunakan sistem gugur. Dimana, hanya ada enam peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes wawancara," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: