Demi WIL? Iptu Hartam Telantarkan Istri, Anak Sulung Jadi Saksi

Demi WIL? Iptu Hartam Telantarkan Istri, Anak Sulung Jadi Saksi

Terdakwa Hartam Jalidin (kanan) menghadiri sidang di PN Palembang, Selasa 27 September 2022. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Hati anak mana yang tidak sedih dan kecewa, saat ayahnya terdakwa Iptu Hartam Jalidin,  oknum perwira Polisi Polres Lubuklinggau duduk di kursi pesakitan PN Palembang akibat ulahnya telah berselingkuh dengan Wanita Idaman Lain (WIL) sehingga tega menelantarkan ibunya selama hampir tiga tahun.

Namun, Alfareza Haris Pratama (19), anak pertama terdakwa Hartam Jalidin, Selasa 27 September 2022 berusaha untuk tegar saat dihadirkan JPU Kejari Palembang Indah Kumala Dewi SH jadi saksi di Pengadilan Negeri (PN) Palembang.

Di hadapan majelis hakim diketuai Mangapul Manalu SH MH, saksi Alfareza Haris Pratama mengatakan, penelantaran ayahnya terhadap ini serta lima orang adiknya terjadi sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Bahkan, saksi Alfareza mengaku saat ini tidak dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, dikarenakan ibunya tidak sanggup lagi membiayai pendidikannya.

BACA JUGA:Digerebek Polisi, Bandar Narkoba di Tenggamus Nekat Sembunyi Dalam Sumur

"Saya sebelumnya sempat dinyatakan lulus dan diterima di Politeknik Negeri Sriwijaya, namun tidak ada biaya jadi saya mundur pak," kata saksi Alfareza sembari menyeka air mata.

Mirisnya, saksi Alfareza menjawab pertanyaan penasihat hukum apakah rela ayahnya dipenjara karena kasus dugaan penelantaran ini, tegas Alfareza menjawab "berani berbuat, harus berani juga bertanggung jawab".

Selain itu, saksi Alfareza membeberkan di hadapan majelis hakim sebelum persidangan dimulai sempat diintervensi oleh ayahnya yakni terdakwa Hartam Jalidin yang saat ini tidak dilakukan penahanan agar jangan sembarangan memberikan keterangan.

Selain menghadirkan saksi anak, JPU juga menghadirkan saksi Nurharpani rekan kerja pelapor Depy Arianti yang tidak lain istri terdakwa Hartam Jalidin, yang mengenal pelapor sejak sama-sama bertugas menjadi staf pengajar di salah satu madrasah di kota Palembang.

BACA JUGA:Sidang AKBP Dalizon Kembali Ditunda, ini Penyebabnya

"Depy ini sejak kasus ini mencuat sering curhat tentang perilaku suaminya kepada saya, bahkan untuk mencukupi kebutuhan enam orang anaknya ini, Depy mengajar di dua sekolah sekaligus," kata saksi Nurparhani.

Sejak ditelantarkan oleh terdakwa Hartam Jalidin, lanjut saksi tak jarang pelapor Depy Arianti meminta bantuannya meminjamkan sejumlah uang, yang hingga saat ini jika dihitung uang yang dipinjam rekannya tersebut sudah mencapai lebih kurang Rp30 juta.

Sembari meneteskan air mata, sebagai rekan kerja saksi Nurpahani tidak keberatan memberikan bantuan pinjam uang tersebut dikarenakan Depy Arianti masih mempunyai tanggungan enam orang anak yang masih kecil.

Usai sidang, tim penasihat hukum terdakwa Hartam Jalidin memilih enggan untuk diwawancarai menanggapi perihal kasus yang menjerat kliennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: