Bangun Semangat dan Motivasi Belajar Siswa, Dosen Bersama Mahasiswa BK FKIP Unsri Gelar PKM kepada Guru BK

Bangun Semangat dan Motivasi Belajar Siswa, Dosen Bersama Mahasiswa BK FKIP Unsri Gelar PKM kepada Guru BK

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya bersama mahasiswa menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tahun 2022.

Kegiatan ini mengusung tema “Pelatihan dan Pendampingan Teknik Relaksasi pada Layanan Bimbingan dan Konseling bagi Guru BK” diketuai oleh Rani Mega Putri, M.Pd., Kons dan beranggota Nur Wisma, S.Pd.I.,M.Pd. S.Pd.,M.Pd. Sigit Dwi Sucipto, S.Pd M.Pd, dan Silvia A.R, S.Pd., M.Pd.

Para dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya tersebut didampingi oleh delapan mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2020 yaitu Maria Ulva, Aulia Muti’ah, Putri Amalia, Davita Egiyah, M.Adib Ahnaf, M. Ikbal, Dinda Azzahra dan Saskia Putri Addli.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih Ridwan, S.Pd., M.Pd. dan dihadiri oleh Pengawas Guru BK SMP Kota Prabumulih Dra. Holmiati, M.Si, Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Kota Prabumulih Hj. Idawati, S.Pd., M.Si dan Ketua Musyawarah Guru BK (MGBK) Kota Prabumulih yaitu Sahati, S.Pd., M.Pd.

BACA JUGA:Minat Perempuan Lubuklinggau Jadi Panwaslu Tinggi

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Prabumulih dan diikuti oleh 26 peserta guru BK SMP se-Kota Prabumulih pada tanggal 14-26 September 2022, dan tugas mandiri (lokakarya) pada 16-24 September 2022.

Rani Mega Putri, M.Pd., Kons. selaku ketua Program PkM menyampaikan tujuan pelatihan dan pendampingan ini adalah agar peserta (guru BK) dapat mengimplementasikan teknik relaksasi dalam layanan BK di sekolah kepada para siswa.

Khususnya untuk membantu siswa menghindari reaksi berlebihan karena stres, mengurangi tingkat kecemasan, meningkatkan keterampilan kerja, sosial, dan keterampilan fisik, meningkatkan hubungan interpersonal dan lainnya sehingga dalam mengikuti proses belajar di sekolah para siswa dalam kondisi siap untuk menerima materi yang disampaikan oleh guru. (*)

Sumber: