BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca di Sumatera Selatan Hari Ini, Waspadalah

BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca di Sumatera Selatan Hari Ini, Waspadalah

BMKG Sumatera Selatan memprakirakan masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang. Foto ilustrasi : edho/sumeks.co--

BACA JUGA:BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Hantam Wilayah Indonesia hingga 9 Desember

Kota Palembang : Gandus, Ilir Barat I. Kabupaten Muara Enim : Muara Belida, Sungai Rotan.

Dampak yang diprakirakan terjadi, sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir, mulai terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya.

Sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak. Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup.

Mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan, gangguan skala sedang dan jangka menengah pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas.

BACA JUGA:BMKG Warning Sejumlah Kabupaten di Sumsel

Gangguan skala sedang dan jangka menengah pada operasional sekolah dan rumah sakit, mulai terjadi kerusakan pada tanggul-tanggul sungai.

Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, mulai terjadi wabah penyakit menular, volume aliran sungai meningkat/banjir.

Terjadi kerusakan pada sebagian tanaman, terjadi pendangkalan pada sungai dan bendungan hingga tidak berfungsi, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala menengah.

Penerbangan pesawat dibatalkan atau ditunda, perjalanan kereta dibatalkan, gangguan pada kegiatan di pelabuhan (kapal, perikanan).  Terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala menengah, aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

BACA JUGA:Gempa Guncang Pangandaran, BMKG Minta Warga Waspada

Yang harus dilakukan, tetap tenang dan waspada, berbagi/bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah. Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

Memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial. Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: