Bus KPK Mengaspal di Palembang, Sebarkan Semangat Antikorupsi

Bus KPK Mengaspal di Palembang, Sebarkan Semangat Antikorupsi

Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaspal di Kota Palembang. Foto : Naba/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaspal di Kota Palembang dalam kegiatan Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi 2022.

Pencegahan korupsi dibutuhkan inovasi dan strategi disemua kalangan usia, salah satunya dilakukan Road Show Bus KPK.

Kota Palembang menjadi kota pertama yang disinggahi Road show tersebut, dari tiga provinsi yakni Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung dan Banten, Rabu 7 September 2022 sore.

Bus Road Show KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi tiba di Kambang Iwak Palembang, langsung diketuai Fungsional Direktorat Sosialisasi Kampanye KPK RI Alfiana disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa.

BACA JUGA:Pemkab OKI Siap Gelar Kegiatan Roadshow Bus KPK, Kerahkan Pelajar dan ASN

“Nanti akan digelar selama tiga hari Jumat hingga Minggu,” kata Alfiana saat dibincangi awak media, di Rumah Dinas Wali Kota Palembang.

Alfiana menjelaskan, roadshow itu bertujuan untuk mengedukasi seluruh kalangan masyarakat.

Mulai dari siswa PAUD, remaja dan Aparatur Sipil Negara (ASN) ini untuk membumikan isu-isu pemberantasan korupsi di masyarakat yang secara langsung hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mensosialisasikan program-program antikorupsi. 

“Upaya mempererat keterlibatan masyarakat dalam program-program KPK di antaranya untuk mempererat keterlibatan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

BACA JUGA:Diam-Diam KPK Selidiki Kasus Korupsi PT SMS Milik Pemprov Sumsel

Lanjut Alfiana, bentuk edukasi bus KPK beragam dan menyesuaikan kalangan usia, seperti PAUD akan diedukasi dengan pemutaran film dan dongeng rakyat yang berkaitan dengan anti korupsi.

Sedangkan kaum milineal akan ada edukasi yang dikemas dalam game, dan ASN akan dilatih sosialisasi cara melapor harta kekayaan e-LHKPN dan gratifikasi, kuliah umum, sosialisasi pengaduan masyarakat serta peninjauan layanan publik.  

“Nanti di lokasi Kambang Iwak akan ada stand-stand edukasi dan game termasuk bus yang telah dimodifikasi untuk edukasi masyarakat juga akan difungsikan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Alfiana menyebutkan roadshow bus KPK sudah digalakan sejak 2018, 2019 dan kini 2022 untuk menyebarkan semangat antikorupsi dan mengedukasi masyarakat mengenai nilai-nilai antikorupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: