Lomba Bidar di Sungai Komering Diikuti 20 Tim, HUT Ke-77 Republik Indonesia

Lomba Bidar di Sungai Komering Diikuti 20 Tim, HUT Ke-77 Republik Indonesia

Pelepasan peserta lomba bidar di Sungai Komering, Ogan Komering Ilir, Kamis (18/8).-Niskiah-

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG - Kemeriahan HUT Ke-77 Republik Indonesia, masih dirasakan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

Sebanyak 20 tim mengikuti lomba bidar di Sungai Komering, Kayuagung, OKI  yang digelar, Kamis (18/8). 

"Perlombaan perahu Bidar di Sungai Komering Kayuagung dengan peserta 20 Tim dengan memperebutkan hadiah total sebesar Rp 15 juta," kata majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten OKI, M Alki Andriansyah, kepada awak media, Kamis (18/8). 

Perlombaan perahu Bidar ini dilaksanakan selama dua hari, sampai Jumat (19/8) dalam rangka melestarikan olahraga tradisional. 

BACA JUGA:Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI Ke-77 di Halaman Pemkab OKI Khidmat

"Perlombaan bidar ini masih dalam moment HUT Kemerdekaan RI Ke-77 dan sudah menjadi olahraga tradisional masyarakat kita OKI khususnya Kayuagung jadi harus pertahankan," terangnya. 

Kepala Dispora Kabupaten OKI M Refly mengatakan, perlombaan Bidar ini adalah rangkain kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.  

"Perahu bidar ini semangat anak muda yang luar biasa dan harus dilestarikan. Ini adalah puncaknya dimana sebelumnya ada olahraga tradisional bakiak, hadangan dan lainnya," kata Refly. 

BACA JUGA:Pelajar SD dan SMP di OKI Ikuti Gerak Jalan Kreasi Meriahkan HUT RI

Dikatakan, perlombaan Bidar ini warisan sejarah Kayuagung sehingga harus dilestarikan. 

Perlombaan dimulai di Kelurahan Jua-jua Kayuagung menyusuri Sungai Komering finish di Kelurahan Paku. 

Sejumlah masyarakat sangat antusias menonton perlombaan perahu bidar, dengan berbaris di pinggiran Sungai Komering sepanjang yang dilalui perahu bidar. (nis) 

Sumber: