Cegah Stunting Tanggung Jawab Bersama

Cegah Stunting Tanggung Jawab Bersama

--

SUMEKS.CO, SUNGAI PINANG - Beberapa perwakilan masyarakat yang didominasi pasangan usia subur di Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir (OI) antusias mengikuti kegiatan sosialisasi kesehatan dan pencegahan stunting. Acara tersebut, diadakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI bersama anggota komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago, Sabtu (13/8).

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumsel, Medi Heryanto SH MH menegaskan, pencegahan stunting itu adalah tanggung jawab kita semua dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. "Tanggung jawab seluruh masyarakat, seluruh keluarga dan tanggung jawab kita. Termasuk semua yang hadir ikut bertanggung jawab terjadinya stunting," tegasnya.

Tak kalah penting, adalah tanggung jawab keluarga dan masyarakat agar tidak terjadi pernikahan usia dini yang bisa menjadi salah-satu faktor adanya stunting. "Untuk itu calon pengantin harus didampingi dan tanggung jawab utama yang mendampingi adalah keluarga calon pengantin pria dan wanita," sebutnya.

BACA JUGA:Darsono Rosman Resmi Jabat Ketua Hipgabi Sumsel

Sekretaris Dinas PPKB OI, Mukmin menambahkan, pihaknya terus konsisten melaksanakan pelayanan keluarga berencana dan keluarga berkualitas. "Kita juga mengimbau untuk mengikuti anjuran 2 anak lebih baik diharapkan mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan dan penurunan stunting," ujarnya mengaku telah melakukan pemetaan keluarga 

Irma Suryani Chaniago, dalam kesempatan itu juga memberikan materi kepada seluruh warga yang hadir untuk melakukan upaya pencegahan stunting. Tak lupa, anggota DPR RI itu juga memberikan hadiah doorprize kepada masyarakat yang beruntung menjawab pertanyaan seputar pencegahan stunting dan keluarga berencana. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: