Irma Suryani : Kebersihan Jamban dan Rumah juga Dapat Cegah Stunting

Irma Suryani : Kebersihan Jamban dan Rumah juga Dapat Cegah Stunting

--

SUMEKS.CO, OKU SELATAN - Anggota DPR-RI komisi IX dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Irma Suryani Chaniago kembali melakukan sosialisasi kesehatan dan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) di beberapa titik kabupaten/kota di Sumsel. Kali ini, menyasar daerah Gunung Raya, Kabupaten OKU SELATAN, Senin (18/7).

Dalam kesempatan itu, Umu Manazilawati, SKM MM selaku Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten OKU Selatan mengatakan, sejauh ini, pihaknya baru bisa menurunkan angka stunting 1,9 persen pertahun, sedangkan PR yang harus dikejar berada di angka 5 persen pertahun.

"Jadi kami harapkan dengan adanya program kerja ini kita menuju program penurunan angka stunting lebih cepat," terangnya.

Untuk mencapai itu, pihaknya juga sudah membentuk tim percepatan pemberantasan stunting di tingkat kabupaten, kecamatan dan smapai tingkat Desa juga program pendampingan keluarga dimana 1 desa terdiri dari 3 tim terdiri dari bidan desa, PKK desa dan kader Dinas Pengendalian Penduduk OKU Selatan.

Drs Dharma Wijaya MM, Koordinator Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel menambahkan, Stunting itu bukan hanya dari makanan saja namun bisa disebabkan pula karena Ibu nya kurang darah. "Makanya pencegahan gizi buruk dilakukan dari dulu bukan hanya saat hamil saja melainkan dari usia remaja," lanjutnya.

Irma Suryani Chaniago dalam kesempatan itu juga memberikan sosialisasi dan imbauan kepada seluruh warga yang datang. "Ibu hamil itu harus mengkonsumsi gizi yang cukup supaya janin berkembang dengan baik dan harus periksakan ke Puskesmas supaya bisa dilihat tumbuh kembang janin nya bagaimana," sambungnya.

Tak hanya itu, perempuan berambut pendek itu juga menghimbau supaya warga setempat untuk memperhatikan kebersihan jamban, persediaan air bersih, rumah bersih dan bagi para Bapak - bapak tidak merokok di dalam rumah supaya istri tidak terhirup asap rokok. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: