Dekati Lebaran Idul Adha, Hewan Kurban di Pedagang Mulai Diperiksa

Dekati Lebaran Idul Adha, Hewan Kurban di Pedagang Mulai Diperiksa

Hewan kurban jenis kambing di pedagang yang telah dilakukan pemeriksaan kesehatannya oleh petugas Disbunnak OKI, Kamis (7/7). -Niskiah-

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG - Mendekati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, yang masih hitungan hari saja, sejumlah hewan kurban jenis kambing dan sapi mulai diperiksa kesehatannya oleh petugas medis Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten OKI, Kamis (7/7). 

Dikatakan Kepala Disbunnak OKI, Ir Imlan Kairum melalui fungsional medik veteriner, Amril Alamsyah SPt, timnya telah melakukan pemeriksaan kesehatan di sejumlah pedagang hewan kurban yang ada di Kayuagung. Untuk sejumlah pedagang sudah mulai ramai, karena sudah mendekati lebaran. 

"Tadi petugas kita sudah meriksa hewan kurban yang dijual pedagang. Satu persatu pedagang di Kayuagung diperiksa," ujar Amril, kepada sumeks.co, Kamis (7/7). 

Menurut Dia, pedagang hewan kurban mulai ramai dua hari belakangan ini karena sudah mendekati lebaran yang masih tiga hari lagi. Biasanya juga besok terus bertambah pedagang hewan secara dadakan. 

BACA JUGA:Kebutuhan Hewan Kurban di Ogan Ilir Menurun 40 Persen

"Pedagang hewan kurban dadakan sering muncul di jalan lintas dekat terminal. Tadi pagi tim meriksa pedagang di Celikah dan simpang Kijang. Untuk besok dan satu hari jelang lebaran juga masih dilakukan pemeriksaan kesehatan," tambahnya. 

Masih kata dia, dari sejumlah hewan kurban yang diperiksa kesehatannya tadi, tidak ada yang sakit. Fisiknya juga tidak ada yang cacat dan usianya memang masih kurban. Dimana memang pedagang sudah mengerti dan tidak mau menjual hewan kurban yang sakit. 

Sambung Amril, adapun ketersediaan atau stok hewan kurban didata kemarin berjumlah sapi 1.061 ekor, Kerbau 126 ekor,  Kambing 2.083 ekor dan Domba 230 ekor. Jumlah itu masih bertambah hingga mendekati satu hari mendekati lebaran. (nis) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: