Petugas Keswan Cek Hewan Kurban

Petugas Keswan Cek Hewan Kurban

Petugas dari Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau bersama dengan pihak terkait melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban-Khalid-

SUMEKS.CO, LUBUKLINGGAU - Jelang lebaran Idul Adha 1443 H, Petugas dari Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau bersama dengan pihak terkait melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban.

Plh Kabid Peternakan dan Keswan, Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau, Ardi mengatakan ada sebanyak 21 pengepul hewan kurban yang dilakukan pemeriksaan.

"Alhamdulillah itu sudah di cek, semuanya sehat-sehat semua dari PMK (penyakit mulut dan kuku)," kata Ardi, Rabu (6/7).

Dari data hasil pengecekan, hewan kurban yang disiapkan oleh pengepul untuk di Kota Lubuklinggau, sapi 185 ekor, kambing jantan 756 ekor dan domba jantan 270 ekor. 

BACA JUGA:Cegah PMK Meluas, Bupati Cik Ujang Ikut Vaksin Ternak

Jumlah itu sebenarnya sedikit, dibanding jumlah hewan yang akan di kurban di Lubuklinggau. Sebab sebenarnya masyarakat yang berkurban, 70 persennya membeli sapi dari Musi Rawas (daerah tetangga). 

"Kalau untuk kebutuhan sapi kita, kota Lubuklinggau tidak tercukupi . Jadi lebih banyak belinya di Musi Rawas dan daerah-daerah tetangga," bebernya.

Ardi menambahkan, tahun kemarin jumlah kurban sapi di kota Lubuklinggau 926 ekor. Sedangkan kurban kambing sebanyak 1.200 ekor. "Tahun ini jumlahnya diperkirakan tetap stabil meskipun ada isu PMK," terangnya.

Sementara itu sejumlah masjid di Kota Lubuklinggau telah menyiapkan persiapan untuk pelaksanaan sholat Idul Adha. Salah satunya Masjid Agung As Salam Kota Lubuklinggau. 

BACA JUGA:Pali Mulai Vaksinasi PMK Tahap Pertama

Ketua Harian Masjid Agung As Salam Kota Lubuklinggau, Lutfi Ishak menjelaskan, rencananya Ustad Yarhanidi akan bertindak selaku imam sholat Idul Adha. Sedangkan Khotib oleh Gus Ahmadi selaku Ketua NU Kota Lubuklinggau.

"Sekarang ini baru ada empat ekor sapi dari kumpulan jemaah di masjid dengan cara patungan. Biasanya sehari sebelum Idul Adha baru ramai," ungkap.

Selain itu, pihak masjid Agung As Salam juga telah menyiapkan lima petugas jagal kurban. Dan untuk pembagian daging kurban dilakukan dengan menggunakan kupon. Rencananya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.(cj17)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: