Paripurna LKPJ Bupati TA 2021 Ditunda untuk Kedua Kalinya, dari 40 Hanya Dihadiri 16 Anggota DPRD

Paripurna LKPJ Bupati TA 2021 Ditunda untuk Kedua Kalinya, dari 40 Hanya Dihadiri 16 Anggota DPRD

Suasana rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (6/7).-Hetty-

SUMEKS.CO, OGANILIR - DPRD Kabupaten Ogan Ilir kembali menunda pelaksanaan Rapat Paripurna dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ogan Ilir Tahun Anggaran 2021.

Penundaan Rapat Paripurna ini merupakan kedua kalinya. Dari 40 anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, hanya dihadiri 16 anggota. Sedangkan, 23 anggota lainnya tidak hadir dengan satu orang izin.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Basri M Zahri mengatakan, sebelumnya Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian laporan komisi-komisi DPRD terkait pertanggungjawaban APBD 2021 sudah diagendakan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Ogan Ilir.

"Kami tidak tahu ya alasan ketidakhadiran kawan-kawan hari ini. Yang jelas, mereka itu sudah tau kalau hari ini jadwal Rapat Paripurna," ungkap Basri kepada awak media di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (6/7).

BACA JUGA:Bangun Trotoar Percontohan di Sumsel, BBPJN Mulai Ukur Jalan

Dalam pengambilan keputusan, menurut Basri, harus mengacu pada Undang-undang Pasal 133 dan Pasal 134. Pada pasal 133 ayat 3 disebutkan, bahwa setiap rapat pengambilan keputusan itu harus kuorum. Apabila dua kali ditunda, maka mengacu Pasal 134 ayat 4.

"Dalam pasal tersebut disebutkan rapat akan dilanjutkan tiga hari atau sesuai kesepakatan dari Banmus. Nanti, kita akan beritahukan ke fraksi masing-masing," lanjut Basri.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, yang sudah menunggu lebih kurang 2 jam di Gedung Paripurna tampak dengan sabar menantikan kehadiran 23 anggota dewan. Seyogyanya, Rapat Paripurna ini dimulai pukul 10.00 WIB, namun hingga pukul 12.00 WIB, ke-23 anggota dewan tersebut tak kunjung datang, sehingga Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Suharto HS, terpaksa menunda Rapat Paripurna hingga tanggal 13 Juli mendatang.

"Penundaan hari ini merupakan yang kedua kalinya. Minggu lalu, dikarenakan istri saya lahiran, dan hari ini kemungkinan para anggota dewan ini ada kesibukan lainnya ya kita maklumin saja," ucap Panca.(ety)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: