Hino Siap Masuki Era Euro4

Hino Siap Masuki Era Euro4

JAKARTA Bulan April 2022 pemerintah Indonesia telah menetapkan setiap produksi kendaraan bermotor mesin diesel tipe baru diwajibkan untuk memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4 President Director HMSI Masato Uchida mengatakan saat ini fase Hino Road to Euro4 berbagai pengembangan kendaraan telah kami lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 tahun depan Lebih lanjut HMMI sebagai Agen Pemegang Merek APM Hino di Indonesia memberikan jaminan kualitas atas kendaraan yang dihasilkan baik untuk pasar ekspor maupun domestik serta mematuhi peraturan persyaratan di Indonesia maupun internasional yang dipersyaratkan oleh negara tujuan Kami ingin mencapai target emisi gas buang Euro4 setiap kendaraan sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan minimal Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 50ppm Ini sejalan dengan pasokan awal Pertamina untuk bahan bakar diesel Euro4 di Oktober 2021 Dimana Hino telah menjalin kerjasama dengan Pertamina bahwa di awal tahun 2022 akan memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan Euro4 baik untuk pasar domestik maupun ekspor tambah Aso Perlu diketahui Komponen Tambahan di Unit Hino Euro4 telah melakukan pengembangan produk telah Hino lakukan secara matang untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro4 Ada beberapa komponen tambahan yang diimplementasikan pada kendaraan baru tersebut diawali dari sistem bahan bakar Hino membangun mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dengan 1 pre fuel filter dan 2 main filter Penyaringan maksimal ini bertujuan memastikan kualitas dan kebersihan bahan bakar sehingga proses pembakaran lebih sempurna dan engine pun akan lebih tahan lama Supply Pump akan men supply bahan bakar ke Common Rail system untuk dinaikkan tekanannya hingga 180 200Mpa Dilain pihak Head of Product Planning HMSI Seno Wirdiyawantoro mengatakan tekanan tinggi bahan bakar dari injector ini akan memaksimalkan proses penyalaan bahan bakar Hino juga telah menyiapkan injector yang telah di design untuk memiliki ketahanan aus karena tingginya tekanan bahan bakar Penerapan full Diamond Like Coating DLC sejak Euro2 common rail engine yang lalu akan tetap diterapkan pada G4S series injector di engine Euro4 Dimana pada G4S series injector Euro4 ini juga memiliki sistem valve baru yang mampu menghilangkan static dan dynamic leak sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih baik Pada intake system disematkan Variable Nozzle Turbocharger VNT yang mampu melakukan pengaturan sudut bilah turbin secara otomatis sehingga mampu menghasilkan kompresi udara lebih banyak ke intake manifold tanpa harus menaikkan rpm engine Terakhir VNT ini akan dipadukan dengan kinerja intercooler yang berfungsi menjaga kepadatan molekul udara yang masuk ke intake manifold sehingga energi yang dihasilkan dari mekanisme pembakaran akan tetap maksimal Kerja VNT ini didukung pula oleh perubahan bentuk pada pre cleaner untuk dapat menyaring dan men supply udara lebih banyak ke engine tutup Seno DOD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: