Punya Visi Jadi The Most Valuable Banking Group In Southeast Asia, BRI Terus Perkuat Digitalisasi
Jakarta Transformasi yang dijalankan BRI dalam blueprint BRIVolution 2 0 membawa visi menjadi The Most Valuable Banking Group in South East Asia pada 2025 Dalam mencapai visi tersebut BRI terus memperkuat aspek digitalisasi untuk menghasilkan model bisnis baru Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan model bisnis baru yang mengandalkan digitalisasi dipercaya dapat membawa efisiensi dalam operasional BRI Group Sunarso membeberkan bahwa BRI saat ini menerapkan konsep hybrid bank yang memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani Maka kemudian tidak bisa tidak digitalisasi transformasi digital kita lakukan di semua perusahaan anak Dan kemudian transformasi digital kita itu apa sebenarnya Ada 2 tujuan Yang pertama adalah kita transform business process nya supaya baik perusahaan induk maupun perusahaan anak mendapatkan proses bisnis yang lebih efisien dengan biaya yang lebih murah Dan kemudian yang kita digitalkan adalah digitalisasi business model Jadi BRI terus create business model baru bukan sekedar efisiensi tetapi create value baru ungkap Sunarso BRI mengacu pada tiga prinsip utama dalam menerapkan hybrid bank Pertama digitalisasi proses bisnis untuk mendongkrak produktivitas serta efisiensi Implementasi efisiensi bisnis proses ini dapat ditunjukan dari layanan BRImo BRISpot serta BRILink Prinsip kedua ialah menyertakan digitalisasi BRI dalam ekosistem bisnis Penetrasi ke ekosistem digital ini kata Sunarso berimplikasi positif terhadap pertumbuhan dana murah CASA Fee Based Income FBI hingga bisa menjaring nasabah baru Terakhir optimalisasi layanan fully digital sehingga dapat memperkuat layanan yang lebih customer centric Di samping itu transformasi digital ini juga berlaku di anak perusahaan sehingga bisa menimbulkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menghasilkan diversifikasi income di BRI Group Sehingga boleh saya katakan kalau kita hanya buat digital bank saja ya create value sementara tetapi kemudian sustainability nya tidak menjadi prioritas Berbeda dengan yang BRI jalankan di mana keterlibatan transformasi anak perusahaan di support oleh BRI Ambil contoh Bank Raya yang akan dijadikan digital bank disupport penuh oleh induknya terang Sunarso Layanan digital yang dihadirkan BRI pun kian diandalkan oleh nasabah Salah satunya adalah BRImo yang konsisten mengalami pertumbuhan pengguna hingga double digit dalam tiga tahun terakhir Pada 2019 pengguna BRImo mencapai 2 96 juta dengan frekuensi transaksi 100 74 juta kali yang senilai Rp33 78 triliun Kinerja tersebut kemudian semakin kokoh di tahun berikutnya Sepanjang 2020 pengguna BRImo naik menjadi 9 05 juta dengan frekuensi transaksi 764 84 juta kali yang membukukan nilai transaksi senilai Rp197 43 triliun Sampai dengan akhir 2021 terdapat 14 15 juta pengguna dengan laju transaksi yang melesat hingga 66 24 year on year yoy menjadi 1 27 Miliar transaksi Di tahun ini BRI mengalokasikan capital expenditure capex sebesar Rp7 triliun Rp8 triliun Belanja Capex ini pun didominasi untuk penguatan digitalisasi BRI menganggarkan capex sekitar Rp7 8 triliun setiap tahun dan 57 dari anggaran tersebut kita alokasikan untuk capex IT Jadi sedemikian concern kita terhadap transformasi digital kita yang basisnya adalah IT tutupnya ril wi2k
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: